Jokowi Akan Resmikan Bendungan Semantok di Nganjuk Jawa Timur

0
92
Jokowi Akan Resmikan Bendungan Semantok di Nganjuk Jawa Timur
Jokowi Akan Resmikan Bendungan Semantok di Nganjuk Jawa Timur

Indolah.com – Jokowi Akan Resmikan Bendungan Semantok di Nganjuk Jawa TimurPresiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana bertolak ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan kunjungan kerja, Selasa (20/12/2022).

Jokowi direncanakan akan meresmikan Bendungan Semantok yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk Jatim.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jokowi dan Iriana disambut oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto.

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana menuju Pasar Sukolilo, Kabupaten Madiun. Di lokasi tersebut, dia akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang.

Kegiatan serupa akan dilakukan juga di Pasar Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Setelah itu, Kepala Negara diagendakan untuk meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk.

Selesai semua kegiatan, Jokowi dan Iriana akan kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Iswahjudi pada sore harinya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Bendungan Semantok

Sebagai informasi, Pembangunan Bendungan Semantok tersebut dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sungai Brantas, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR melalui dua paket pekerjaan, yakni paket satu oleh kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya-PT Pelita Nusa Perkasa, KSO, dan paket dua menggandeng PT Hutama Karya-PT Bahagia Bangunnusa, KSO dengan nilai sebesar Rp1,17 triliun.

Bendungan tersebut lokasinya di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso Nganjuk, dan didesain memiliki kapasitas tampung sebesar 32,67 juta m3 yang bersumber dari aliran Sungai Semantok.

Bendungan itu dilengkapi jaringan irigasi yang dapat berfungsi sebagai penyalur air pada saat musim kemarau guna mencegah terjadinya kekeringan pada areal persawahan seluas 1.900 hektare (ha). Dengan begitu, kehadiran bendungan akan meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah tersebut.

Bendungan Semantok tersebut mulai dibangun sejak Desember 2017 dengan tipe zonal inti tegak yang memiliki tinggi 38,5 meter dan panjang puncak bendungan 3.100 meter.

Dengan selesainya pembangunan Bendungan Semantok, Nganjuk, nantinya akan menambah daftar bendungan yang berada di Jawa Timur, antara lain Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

(Visited 19 times, 1 visits today)