Jokowi Minta Resep Bangun Ciliwung Seperti Sungai di Seoul

0
71
Jokowi Minta Resep Bangun Ciliwung Seperti Sungai di Seoul
Jokowi Minta Resep Bangun Ciliwung Seperti Sungai di Seoul

Indolah.com – Jokowi Minta Resep Bangun Ciliwung Seperti Sungai di Seoul, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Ciliwung sebersih Sungai Cheonggyechoen di Seoul, Korea Selatan. Kemauannya itu lahir usai telusuri Sungai di Seoul di sela-sela kunjungannya ke Korsel.

“Sungai Cheonggyecheon ini satu ide yang begitu bagus jika Ciliwung bisa bersih dan itu bisa,” tutur Jokowi didampingi Ibu Kepala Negara Iriana Jokowi dan Wali Kota Seoul Park Won-soon, Selasa (11/9).

Jokowi menceritakan, pada 2003 yang lalu, sungai yang terletak di ujung jalan Plaza Cehonggyecheon itu pernah hampir sama juga dengan Ciliwung. Pemerintah setempat memerlukan waktu selama 2 tahun 3 bulan untuk membersihkannya seperti semula.

Lee Myung-bak, eks Wali Kota Seoul, sukses menyulap Sungai Cheonggyecheon jadi bersih yang lalu mengantarkannya jadi Presiden Korsel pada 2008-2013 kemarin.

Baca Juga : Seorang Gadis Indonesia Lelang Keperawanan Secara Online

Sungai Cheonggyecheon ini dapat jadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang bertandang ke Korsel.

“Katanya jika telah jadi warga kehormatan, minta apa dikasih, saya ingin minta resep bangun sungai ini ke Mayor Park,” jelas Jokowi sambil mengingatkan gelar warga kehormatan yang diperolehnya tahun kemarin.

Kemauan Jokowi itu langsung diterima hangat. Bahkan, Mayor Park menyebutkan Jakarta dan Seoul menjadi sister city.

“Karena bapak warga kehormatan Seoul, kami siap membantu. Jadi, jika bapak menjadi warga kehormatan datang ke Seoul, semua sarana gratis buat bapak. Apa pun yang bapak butuhkan, kami siap,” tambah Mayor Park.

(Visited 16 times, 1 visits today)