Jokowi Tak Setuju Dirinya Jadi Bahan Soal Ujian

0
846

jokowi-twitter_1

Indolah.com – Gubernur DKI Jakarta sekaligus bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, tidak setuju jika nama dirinya menjadi bahan dalam soal ujian nasional (UN).

“Mestinya pertanyaan itu kalau masalah tokoh, yang bagus ya pahlawan nasional. Dari Aceh, Maluku,” ujar Jokowi di Pasar Blok G, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (14/4/2014) siang.

Menurut Jokowi, keberadaan nama sekaligus latar belakangnya di soal UN tidak relevan. Seharusnya, pembuat soal itu memberikan soal yang lebih terkait dengan jejak sejarah di Indonesia.

Jokowi mengaku tidak mengetahui mengapa namanya masuk ke dalam soal ujian untuk siswa-siswi setara SMA tersebut. “Tanya saja sama yang buat. Saya ndak tau,” ujar Jokowi. Sebelumnya, beredar foto di media sosial berisi soal UN yang menggunakan nama Joko Widodo.

Jenis pertanyaan itu adalah pilihan ganda. Pertama, dituliskan terlebih dahulu latar belakang Joko Widodo, mulai dari tanggal lahir, rekam jejak pendidikan, hingga persoalan yang dihadapi Jokowi terkait UMP.

Setelah itu, soal masuk ke pertanyaan yang menanyakan apa poin keteladanan Jokowi dalam kutipan wacana tersebut. Pertanyaan selanjutnya adalah apa masalah yang dihadapi Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut.

(Visited 86 times, 1 visits today)