Jurnalis Ghana Tewas Ditembak Karena Ungkap Korupsi Sepak Bola

0
83
Jurnalis Ghana Tewas Ditembak Karena Ungkap Korupsi Sepak Bola
Jurnalis Ghana Tewas Ditembak Karena Ungkap Korupsi Sepak Bola

Indolah.com – Jurnalis Ghana Tewas Ditembak Karena Ungkap Korupsi Sepak Bola, Seorang jurnalis Ghana, Ahmed Hussein-Suale ditembak mati oleh dua pria tidak dikenal. Mendiang dikenal lantaran membuka praktik korupsi dalam dunia persepakbolaan di negaranya.

Dilansir dari CNN pada Jumat (18/1), menurut kuasa hukum dari tempat mendiang Hussein-Suale, Kissi Agyebeng insiden itu berlangsung di dekat rumah korban di dearah pinggiran Accra, Madinah, Ghana. Waktu itu mendiang tengah menyetir mobil serta dihampiri oleh dua lelaki yang berboncengan dengan sepeda motor.

Kedua lelaki itu berhenti di sebelah mobil Hussein-Suale dan melepas tembakan dari jarak dekat. Hussein-Suale, papar Agyebeng, meninggal saat itu juga sesudah tertembus peluru dibagian dada serta leher.

Cara itu memperingatkan kembali akan tragedi sama yang menerpa jurnalis wanita Irlandia, Veronica Guerrin. Ia pun ditembak dari jarak dekat oleh dua orang yang berboncengan dengan sepeda motor.

Menyikapi insiden ini, polisi Ghana enggan memberikan komentar.

Hussein-Suale didapati kerja menjadi wartawan untuk organisasi Tiger Eye Pi, yang digerakkan oleh jurnalis investigasi Anas Aremeyaw Anas.

Dalam satu pengakuan, Tiger Eye Pi menjelaskan Hussein-Suale terima intimidasi pembunuhan sesudah menyelesaikan film dokumenter mengenai praktek suap serta korupsi dalam dunia sepakbola Afrika.

Karena karya jurnalistiknya, ketua Asosiasi Sepak Bola Ghana mengundurkan diri.

Jati diri Hussein-Suale, yang semula disamarkan, dibeberkan oleh seorang anggota parlemen Ghana, Kennedy Agyapong. Dia tunjukkan foto Hussein-Suale serta tempat tinggalnya dalam satu wawancara di stasiun televisi Ghana, TV NET 2.

Baca Juga : Prabowo Sebut Gaji Rendah Picu Korupsi, Ini Data Gaji Pejabat Korup

“Bocah itu (Hussein-Suale) begitu berbahaya, dia tinggal di Madinah. Bila Anda berjumpa dengannya, lukai saja telinganya,” kata Agyapong.

Dalam satu rekaman video, dia mengatakan akan membayar siapapun yang menyerang Hussein-Suale.

Sampai sekarang Agyapong belum juga dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Anas, menjadi rekanan serta kawan korban, mengutarakan kesedihannya dalam satu cuitan di akun Twitter.

“Ini berita sedih, tetapi kami akan tidak bungkam. Beristirahatlah dengan tenang, Ahmed,” cuitnya.

Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo ikut mengecam pembunuhan ini lewat akun Twitternya.

“Saya barusan tahu, dengan sedih, mengenai pembunuhan Ahmed Hussein-Suale. Saya mengecam aksi itu tiada pamrih, serta mengemukakan belasungkawa kepada keluarga korban. Saya mengharap polisi bisa tangkap pelaku dari kejahatan keji ini secepat-cepatnya,” cuit Akufo-Addo.

(Visited 19 times, 1 visits today)