Kalah Bersaing, Pabrikan Mobil Lokal di China Bisa Mati Kutu

0
370

BeijingĀ -China saat ini memang tengah menjadi sorotan bagi para pabrikan otomotif di seluruh dunia. Itu karena penjualan mobilnya terus meroket sehingga menggiurkan para pabrikan mobil di luar China melakukan investasi.
Tapi hal itu juga berdampak buruk pagi pabrikan mobil lokal yang ada di China. China Association of Automobile Manufactures mengatakan bahwa merek mobil lokal lama kelamaan akan tewas dalam buaian atau kondisi seperti ini.

Itu disampaikannya saat melaporkan penjualannya per Januari 2014 yang menyuarakan keprihatinan. Pabrikan mobil asing seperti GM atau Ford memiliki penjualan yang baik sedangkan merek China seperti Geely turun 47 persen sehingga pangsa pasarnya menurun 4,7 persen dari tahun lalu.

“Perusahaan asing benar-benar dapat memperoleh keuntungan yang kompetitif dan ini sangat membunuh merek China,” kata juru bicara China Association of Automobile Manufactures seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (15/2/2014).
Sementara itu, Secretary General CAAM Dong Yang mengatakan merek lokal China mengalami penurunan 5,1 persen di Januari secara keseluruhan. Jika terus seperti ini, penurunan akan terus terjadi sepanjang tahun.
Sebenarnya, kekhawatiran ini sudah muncul sejak Oktober 2013 lalu. Merek lokal China harus siap bersaing dengan para lawannya yang sangat tangguh.

(Visited 70 times, 1 visits today)