Kawasan Geopark di Indonesia Telah Diakui Oleh UNESCO

0
219
Kawasan Geopark di Indonesia Telah Diakui Oleh UNESCO
Kawasan Geopark di Indonesia Telah Diakui Oleh UNESCO

Indolah.com – Kawasan Geopark di Indonesia Telah Diakui Oleh UNESCO, Sesudah melakukan sistem panjang, pada akhirnya UNESCO menyematkan predikat global geopark di sebagian lokasi di Indonesia. Pemberian sertifikat oleh UNESCO itu adalah sinyal kalau dengan legal sebagian lokasi geopark di Indonesia sudah telah disadari oleh dunia.

Penetapan jadi global geopark ini sendiri bukan sekedar diliat dari segi keberagaman geologi serta biologi, namun juga segi budaya sekitaran.

Penasaran? Berikut Indolah kumpulkan geopark Internasional di Indonesia yang telah tersertifikasi oleh UNESCO dari beragam sumber, Rabu (23/5). Dapat jadikan rujukan untuk berwisata juga nih.

Baca Juga >>> Inilah 5 Tempat Wisata Romantis Yang Cocok Untuk Berpasangan di Bogor

1. Ciletuh Palabuhanratu, Jawa Barat.

Ciletuh Palabuhanratu, Jawa Barat.
Ciletuh Palabuhanratu, Jawa Barat.

Taman Nasional Ciletuh-Palabuhanratu yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat ini, April lalu resmi mendapatkan predikat sebagai geopark internasional oleh UNESCO. Potensi dan keindahan alam yang lengkap, meliputi gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut membuat UNESCO tidak ragu untuk menyematkan predikat tersebut. Tak hanya itu, di kawasan seluas 126.100 hektare tersebut, unsur budaya Sunda pun masih terasa kental.

2. Gunung Batur, Bali.

Gunung Batur, Bali.

Gunung Batur adalah geopark internasional pertama di Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Gunung ini merupakan rangkaian dari ‘Ring of Fire’ pasifik dan menjadi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia.

3. Pegunungan Sewu, Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Timur.

Pegunungan Sewu

Pada September 2015, kawasan Pegunungan Sewu resmi ditetapkan menjadi geopark dunia oleh UNESCO. Pegunungan Sewu ini sendiri terbentang di sepanjang pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul, DIY hingga Kebupaten Tulungagung di Jawa Timur. Ciri khas dari pegunungan ini adalah adanya batuan kapur.

4. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani

(Visited 30 times, 1 visits today)