Kebanyakan Konsumsi Makanan Kalengan Tak Baik Bagi Kesehatan

0
795
Kebanyakan Konsumsi Makanan Kalengan Tak Baik Bagi Kesehatan
Kebanyakan Konsumsi Makanan Kalengan Tak Baik Bagi Kesehatan

Indolah.com – Kebanyakan Konsumsi Makanan Kalengan Tak Baik Bagi Kesehatan. Karena alasan lebih praktis dan cepat, banyak orang memilih untuk mengonsumsi makanan kalengan. Padahal menurut hasil studi, berlebihan dan terlalu sering mengonsumsi makanan kalengan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Ya, studi yang dilakukan oleh peneliti dari Stanford and Johns Hopkins University ini menemukan bahwa konsumsi makanan kalengan terlalu sering dalam jangka waktu lama memengaruhi komponen BPA atau Bisphenol A dalam tubuh.

BPA sendiri merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk membuat plastik di botol air dan lapisan dalam kaleng. Nah, dikatakan bahwa terlalu banyak terpapar bahan ini dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap diabetes dan penyakit, dengan mengganggu kinerja hormon dalam tubuh.

Dalam studi ini, dilibatkan setidaknya 7.669 responden selama enam tahun belakangan. Mereka diminta untuk menuliskan pola makan mereka selama 24 jam, serta diberikan tes urine.

Baca juga: Digigit Kucing, Seorang Pria Terinfeksi Bakteri dan Meninggal

“Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi makanan kalengan dalam jumlah yang banyak dan sering meningkatkan kadar BPA dalam urine,” tutur Jennifer Hartle, peneliti dari Stanford Prevention Research Centre, seperti dikutip dari Times of India, Minggu (3/7/2016).

Selain di kaleng, bahan BPA juga dimiliki oleh plastik. Oleh sebab itu, terlalu banyak terpapar plastik juga diduga kuat memengaruhi kesehatan seseorang, terutama ibu hamil. Peneliti Columbia Center for Children’s Environmental Health (CCCEH) dari Mailman School of Public Health menyebutkan risiko obesitas pada anak meningkat di usia 7 tahun, jika ibunya terpapar BPA saat hamil.

Untuk mengurangi paparan BPA, National Institute of Environmental Health Sciences menganjurkan ibu hamil untuk menghindari wadah plastik dengan nomor 3 dan 7. Ibu hamil juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan kaleng. Penting juga untuk memilih wadah kaca, porselen atau yang terbuat dari stainless steel, untuk menempatkan makanan dan minuman panas

(Visited 100 times, 1 visits today)