Kelompok Pembobol Toko Emas Di Blitar Ditangkap ( 12-09-2015 )

0
412

Kelompok Pembobol Toko Emas Di Blitar Ditangkap ( 12-09-2015 )

Indolah.com – Polisi mengamankan dua penadah hasil rampokan emas di toko Emas Janoko Pasar Kutukan Desa Slorok Kecamatan Garum Blitar pada Agustus lalu. Sebelum keduanya ditangkap, polisi lebih dulu mengamankan lima orang perampok toko emas tersebut yang berusia rata-rata 17 tahun.

Dua penadah yang diamankan berinisial HT (61th) warga Jl Pucang Gading Gg1 No 15 Kelurahan Batursari, Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sedangkan seorang lagi OS (34th) pedagang emas yang beralamat di Jl Wachid Hasyim No 60 Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang Jawa Tengah.

Kapolres Blitar, AKBP Muji Ediyanto menjelaskan, modus operandi pelaku sebelum beraksi terlebih dulu mengirimkan orang untuk memantau toko yang target perampokan.

Baca Juga : Menyerahkan Anaknya Dan Di Beri Rp 2 Juta Mengaku Kasihan Karena Tidak Ada Biaya

“Jika dipantau sepi, mereka langsung melancarkan aksi. Bahkan dari pengakuan tersangka, mereka 3 kali gagal melakukan aksi perampokan karena ada mobil patroli polisi yang lewat,” terang AKBP Muji kepada wartawan.

Adapun barang bukti yang disita di antaranya, 3 unit sepeda motor, 1 pucuk senjata rakitan jenis makarov, 1 pucuk air softgun jenis makarov, 3 pucuk air softgun jenis revolver dan 87 butir amunisi berbagai jenis, 1 toples bubuk mesiu, tabung nitrogen untuk melebur emas, 3 buah kunci L, sebuah kompresor, 5 buah HP, berbagai perhiasan emas yang belum dilebur dan uang sejumlah Rp 22 juta 790 ribu.

Untuk hasil rampokan terakhir di toko Janoko, Garum Kabupaten Blitar pada Agustus lalu, mereka membawa kabur 5 kg Emas. Saat diamankan, mereka mengaku sudah melebur 2 kg emas dan sudah dijual dengan nominal Rp 250 juta, dan sisanya belum sempat dilebur.

Akibat perbuatannya yang telah merampok 5 kali, 8 pelaku perampokan melanggar pasal 365 ayat 2 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. Sedangkan untuk dua orang penadah dikenakan pasal 481 KUHP tentang penadahan barang curian dengan ancaman 7 tahun penjara.

(Visited 139 times, 1 visits today)