Kim Jong-un Temui Xi Jinping Jelang Rencana KTT Kedua Kim-Trump

0
84
Kim Jong-un Temui Xi Jinping Jelang Rencana KTT Kedua Kim-Trump
Kim Jong-un Temui Xi Jinping Jelang Rencana KTT Kedua Kim-Trump

Indolah.com – Kim Jong-un Temui Xi Jinping Jelang Rencana KTT Kedua Kim-Trump, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un berkunjung ke China untuk berjumpa dengan Presiden Xi Jinping. Lawatan itu dilakukan sebelum Jong Un mengadakan tatap muka dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Kantor berita pemerintah Korut, KCNA, memberikan laporan Kim Jong-un bertandang ke China sejak Senin (7/1) sampai Kamis (10/1) yang akan datang.

“Pemimpin Tertinggi Korea Utara berkunjung ke China pada 7-10 Januari atas undangan Xi Jinping,” bunyi laporan KCNA seperti dikutip AFP pada Selasa (8/1).

KCNA menyebutkan Kim Jong-un ditemani sang istri, Ri Sol Ju serta beberapa petinggi senior dalam lawatannya ke Negeri Gorden Bambu itu. Rombongan Kim Jong-un diberitakan pergi dari stasiun Pyongyang memakai kereta pribadi pada Senin malam.

China adalah sekutu paling dekat Korea Utara. Pyongyang begitu memercayakan pertolongan serta perdagangan dari Beijing di dalam sangsi serta embargo internasional.

Pertemuan Kim Jong-un serta Xi Jinping ini dikerjakan mendekati tatap muka kelanjutan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Akan tetapi, sampai sekarang ini tempat serta saatnya masih tetap dirahasiakan.

Menjadi sekutu dekat, Kim Jong-un serta Xi Jinping dimaksud tengah mengulas taktik mendekati pertemuan Kim Jong-un dengan Trump.

“Baik Xi serta Kim Jong-un lihat ada persamaan pada kedua-duanya hingga terasa butuh bekerjasama berkaitan tempat mereka mendekati pertemuan Trump serta Kim. Langkah ini (pertemuan Kim-Xi) telah tampak jadi skema rutinitas,” kata penasihat senior Center for Strategic and International Studies (CSIS), Bonnie Glaser.

“Kim pun minta pertolongan Beijing untuk menggerakkan komune internasional meniadakan sangsi (atas Korut).”

Baca Juga : Semua Rumah Sakit di Kalteng Tak Ada yang Bisa Tangani Wanita 350 Kg

Lawatan paling baru Kim Jong-un ke China tersingkap sesudah kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mencuplik sumber yang memberitahu kereta spesial yang membawa rombongan Kim Jong-un tampak melewati perbatasan pada Senin tempo hari.

Beberapa puluh kendaraan keamanan serta petinggi tampak memblokade jalanan di seputar stasiun kereta kota perbatasan China, Dandong, menanti kehadiran kereta Kim Jong-un.

Kantor berita Jepang, Kyodo, memberikan laporan tamu-tamu hotel di Dandong pun tidak diizinkan masuk kamar yang menghadap ke sungai serta perbatasan China-Korut. Sumber memvisualisasikan hal tersebut dikerjakan menjadi usaha supaya kehadiran kereta Kim Jong-un tidak tampak.

(Visited 16 times, 1 visits today)