Koarmada Berhasil Menemukan CVR Lion Air PK-LQP

0
145
Koarmada Berhasil Menemukan CVR Lion Air PK-LQP
Koarmada Berhasil Menemukan CVR Lion Air PK-LQP

Indolah.com – Koarmada Berhasil Menemukan CVR Lion Air PK-LQP, Tim Komando Armada (Koarmada) I berhasil temukan cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP. CVR saat ini telah diangkat ke kapal milik TNI AL.

“Iya, ketemu jam 09.10 WIB,” tutur Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho, Senin (14/1/2019).

Agung menjelaskan CVR berhasil diketemukan oleh penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) I. CVR telah diangkat serta diamankan di salah satunya kapal pencarian.

“(Ditemukan) oleh penyelam Kopaska serta Dislambair I. Saat ini telah dipegang, telah diangkat ke kapal (CVR-nya). Kapal apanya saya belumlah tahu,” tuturnya.

Agung tidak tahu dengan pasti tempat penemuan CVR. Akan tetapi masih di sekitar area titik jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP.

“Iya intinya masih tetap di seputar situ, (titik jatuhnya Lion Air) masih tetap di Perairan Karawang, saya belumlah tahu detailnya,” tuturnya.

Baca Juga : Patung Perunggu Berbentuk Kuda Nil di Inggris Hilang Dicuri

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober. Keseluruhan ada 189 orang penumpang serta kru pesawat tujuan Pangkalpinang itu.

Selain itu, KNKT telah mengkaji data dari FDR black box. Beberapa penemuan diungkap dalam hasil investigasi sementara.

Ada temuan airspeed indicator Lion Air PK LQP yang rusak dalam empat penerbangan terakhir PK-LQP. Akan tetapi penemuan itu belumlah bisa diambil kesimpulan menjadi pemicu kecelakaan JT 610. KNKT meneruskan penyidikan.

Termasuk juga rusaknya sensor AOA (angle of attack). AOA ialah pengukur sudut pesawat pada saluran udara. Sensor AOA tunjukkan ketidaksamaan saat penerbangan sebelum JT 610, yakni dari Bali ke Jakarta.

(Visited 19 times, 1 visits today)