Kodam XVII/Cenderawasih : Penembakan Dipuncak Jaya Papua Bermotif Kriminal

0
589

empat-penembak-aparat-di-papua-ditahan

Indolah.com – Kodam XVII/Cenderawasih mengaku kelompok penembakan yang selama ini melakukan aksinya di Puncak Jaya, Papua bermotif kriminal dan bukan untuk perjuangan ideologi merdeka. Ini dikarenakan sejumlah korban pelaku penembakan adalah guru, tukang ojek, bahkan ambulans. Kepala Staf Daerah Kodam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Hinsa Siburian bahkan menyebutkan kelompok sipil bersenjata itu kerap memalak sopir-sopir pengangkut sembako yang diperuntukkan bagi warga Puncak Jaya.

“Kelompok ini kerap memalak sopir pembawa sembako di pertengahan perjalan dari Wamena ke Puncak Jaya. Jika tidak diberikan, kadang mereka melakukan tindakan kriminal seperti membunuh dan menembak sopir,” katanya di Puncak Jaya, Minggu (27/4/2014).

Kodam Cenderawasih juga mengaku tak akan menambah personelnya untuk penguatan pengamanan, pascapenembakan Pos TNI di Gurage, Puncak Jaya hingga menyebabkan satu anggotanya meninggal dunia. “Tidak ada penguatan pasukan di sana, tetap seperti biasanya. Kami juga terus melakukan pengejaran ke arah selatan lokasi penembakan terjadi atau ke sekitar Gunung Lima Jari. Kejadian itu begitu cepat, menurut laporan yang saya terima, pelaku penembakan ada sekitar 6-7 orang,” ujarnya. Disinggung untuk santunan yang akan diberikan negara khsususnya TNI AD kepada istri dan anak dari Sersan Satu Anumerta Rahman Hakim, Kasdam mengatakan keluarga inti yang ditinggalkan tetap mendapatkan hak-haknya sebagai seorang istri dan anak prajurit.

“Itu semua sudah diatur dalam peraturan di institusi TNI. Selain menaikkan pangkat setingkat lebih tinggi kepada almarhum, istri dan anaknya juga mendapatkan gaji beberapa bulan dan uang pensiun,” jawabnya.

Sehari sebelumnya, Pos TNI di Gurage, Puncak Jaya ditembaki sekelompok orang. Akibat penembakan itu 2 orang mengalami luka tembak yakni Sersan Dua Polang Harahap dibagian pelipis, dan satu oramg meninggal akibat penembakan yakni Sersan Satu Anumerta Rahman Hakim yang ditembak pada bagian bahu dan mengalami pendarahan hebat hingga mengakibatkan meninggal dunia.

(Visited 75 times, 1 visits today)