Kolektor Belanda Dituntut Kembalikan Mumi Biksu Berumur Seribu Tahun
Kolektor Belanda Dituntut Kembalikan Mumi Biksu Berumur Seribu Tahun

Indolah.com – Kolektor Belanda Dituntut Kembalikan Mumi Biksu Berumur Seribu Tahun, Penduduk Desa Yangchun, Provinsi Fujian, China, mengajukan tuntutan ke pengadilan Belanda atas dugaan pencurian Patung Leluhur Zhanggong, yang di dalamnya berisi jasad seorang biksu Buddha diperkirakan berusia seribu tahun.

Mereka kini menggugat seorang kolektor asal Belanda, Oscar van Overeem, yang membeli patung pada 1996, diduga dicuri dari kuil di desa itu setahun sebelumnya.

Kolektor Belanda Dituntut Kembalikan Mumi Biksu Berumur Seribu Tahun

Dilansir dari laman BBC, Minggu (16/7), patung itu sudah berada di kuil di Desa Yangchun sekian abad, dan disembah oleh warga setempat serta desa tetangga, Dongpu.

Baca Juga : Video, Tukang Ojek Ngamuk Ditegur Pejalan Kaki

Penduduk di sana sempat menyembunyikan patung itu di rumah-rumah warga bahkan hingga dikubur di ladang, supaya tidak dihancurkan oleh anggota Partai Komunis China dalam masa Revolusi Budaya pada 1960-an hingga 1970-an.

Penduduk desa bisa membuktikan kalau mereka adalah keturunan mendiang biksu itu,” kata kuasa hukum warga Desa Yangchun, Jan Holthuis.

Menurut Holthuis, argumen hukum di Belanda bakal dipakai menggugat Overeem adalah pasal menyatakan kalau seseorang dilarang menyimpan jenazah. Dia juga menyatakan siap membuktikan patung dikoleksi Overeem sama persis dengan dicuri dari kuil di Desa Yangchun.

Baca Juga : Pelaku Bully Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Telah Diketahui Identitasnya

Dari citra pemindaian patung beberapa tahun lalu, kerangka jasad biksu itu masih ada di dalam patung. Pemerintah China sudah berupaya memulangkan artefak curian itu, tetapi selalu gagal.

Patung itu dipamerkan ke masyarakat di Budapest, Hungaria, dua tahun lalu. Namun, kini keberadaannya tidak diketahui karena diduga Overeem telah menukarnya dengan sejumlah artefak Buddha kepada kolektor lain.

Baca Juga : Presiden Jokowi Menegaskan Hanya Memblokir Telegram

Overeem kini melawan balik dengan menyatakan kalau sang penggugat tidak bisa mengambil langkah hukum itu karena mereka bukan warga Belanda, dan tidak diakui dalam sistem hukum negara itu.

(Visited 96 times, 1 visits today)
SHARE