Kreator Hoax Surat Suara Tercoblos Ditangkap di Sragen

0
103
Kreator Hoax Surat Suara Tercoblos Ditangkap di Sragen
Kreator Hoax Surat Suara Tercoblos Ditangkap di Sragen

Indolah.com – Kreator Hoax Surat Suara Tercoblos Ditangkap di Sragen, Tersangka pembuat hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra, sudah diamankan serta ditetapkan jadi tersangka. Bagus ditangkap di Sragen, Jawa Tengah.

“Tersangka yang tinggal di Bekasi kami temukan 7 Januari di Sragen, Jateng. Lalu kita bawa ke Jakarta serta kita kerjakan pemeriksaan dan lewat scientific investigation dan dibenarkan suara yang tersebar otentik suara BBP,” kata Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (9/1/2019).

Polisi sudah mencocokkan suara Bagus dengan rekaman yang tersebar. Akhirnya, suara Bagus dikatakan pas dengan suara pria di rekaman yang tersebar.

Bagus Bawana Putra, dijerat polisi dengan Undang-Undang Nomer 1 Tahun 1946 mengenai Peraturan Hukum Pidana. Hukuman maksimal yang menunggu Bagus ialah tiga tahun bui.

“Pasal yang dipakai yakni Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang 1/1946, menyiarkan kabar berita bohong, baik lewat konten Twitter, sosmed, serta voice di group WA,” kata Kasubdit I Ditsiber Kombes Dani Kustoni dalam jumpa wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga : Kim Jong-un Temui Xi Jinping Jelang Rencana KTT Kedua Kim-Trump

Polisi mengatakan Bagus menyiapkan, membuat, serta sebarkan rekaman suara yang berisi berita palsu. Juga bagus menghapus bukti rekaman suara itu dan buang ponsel-nya.

“Unsur kesengajaan sangat terpenuhi,” tutur Kombes Dani.

Sesudah membuat rekaman suara, Bagus sebarkan rekaman itu ke WhatsApp Grup (WAG) serta beberapa platform sosial media. Sesudah viral, ia lantas buang ponsel-nya serta kabur.

(Visited 20 times, 1 visits today)