Liang Tembo, Destinasi Wisata Terunik Di Sitaro

0
194
Liang Tembo, Destinasi Wisata Terunik Di Sitaro
Liang Tembo, Destinasi Wisata Terunik Di Sitaro

Indolah.comLiang Tembo, Destinasi Wisata Terunik Di Sitaro. “Liang Tembo” jadi satu diantara tujuan wisata andalan baru, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Lokasi ini memanglah menaruh beberapa kekhasan yang menarik untuk didatangi.

“Liang tembo bermakna gua kepala, karna memanglah ditempat itu ada 12 tengkorak kepala manusia serta berada di Dusun Tanganga, Desa Tanaki, Siau barat Selatan, Sitaro,” kata Kepala Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Sitaro, Eddy Salindeho, di Ondong, Sitaro, Sabtu (14/4).

Ia menyebutkan, ” liang tembo ” mempunyai kekhasan karna seringkali dipandang jadi gua keramat serta miliki kemampuan mistik oleh warga sekitaran, bahkan juga oleh biasanya masyarakat asli daerah itu.

Seseorang pemandu wisata terlepas, di Tanaki, bernama Jokman Harani, menyebutkan ” liang tembo ” konon adalah tempat tengkorak 12 kakak beradik, yang disebut leluhur dusun Tanganga Tanaki yang dalam bhs lokal dimaksud “yupung”.

“Diantara 12 orang ini, ada seseorang wanita yang begitu populer keberanian serta kehebatannya bernama Dorongdasi, hingga diabadikan oleh orang-orang dalam tarian lokal Sitaro,” tuturnya.

Baca Juga : Leuwi Korsi, Tempat Wisata Garut Yang Begitu Eksotis

Menurut Jokman, dalam kurun saat sebagian bln. paling akhir, “liang tembo” banyak dikunjungi wisatawan nusantara serta mancanegara, yang ingin lihat kehadiran tempat itu serta dengarkan narasi mistik dibaliknya.

Bahkan juga menurut dia, warga lokal Sitaro, juga jadikan “liang tembo” jadi lokasi kunjungan hingga sehari-hari tempat itu ramai oleh pengunjung.

Dia bertutur, berdasar pada narasi yang mengedar di orang-orang, “liang tembo”, seringkali jadikan jadi tempat perlindungan terlebih ketika beberapa orang Mangindano datang menyerang, jadi dengan mistis juga akan dibantu oleh tengkorak ke-12 yupung itu.

“Nyatanya beberapa orang yang datang menyerang serta menjarah desa itu, dihalaukan dengan misterius, hingga warga begitu menghormati serta menghormati tempat itu jadi ” liang tembo”.

Seseorang wisatawan asal Jerman bernama Heiko M Schauer, yang tengah berkunjung ke tempat itu, mengakui terasa ada keanehan waktu ada di situ, namun suka. ” Rasa-rasanya aneh tetapi mengasyikkan dapat ada di yang penuh misteri begini, ” tuturnya.

(Visited 42 times, 1 visits today)