Makan Telur Asin Menambah IQ Anak?

0
803

Makan Telur Asin Menambah IQ Anak?

Tempo dulu ,sering kali kalau berpergian naik bus dari satu kota kekota lain , di Indonesia ,bus yang kami tumpangi, berhenti di setiap stasiun .Baik untuk menurunkan atau menaikkan penumpang baru,sebelum sampai kota tujuan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh anak anak yang menjajakan dagangannya. Antara lain terdengar teriakan anak anak:”Telur Asin! Telur asin

Baik karena iseng atau maupun karena memang lapar,ternyata cukup banyak yang membeli.Termasuk saya..Ternyata setelah dibeli dan dicicipi,saya dan orang lain yang juga membeli, akan kecewa karena telur yang dikatakan “asin” rasanya tawar saja. Tidak asin seperti kata penjualnya.Menurut sopir bus,telur itu hanya direbus pakai air garam, kemudian langsung di jual.maka rasanya persis telur rebus biasa.

Bubur dengan telur asin.

Waktu kami ke Bali dan mampir di sebuah restaurant,yang menu utamanya adalah bubur. Restaurant Bubur King ini amat terkenal di Bali.. Kami disuguhi bubur dengan perangkatnya,seperti krupuk ,bawang goreng dan tak ketinggalan telur asin.

Disini kami merasakan telur asinnya benar-benar asin dan lezat.Menurut Pemilik Restaurant ,yang kami kenal baik,telur asin ini adalah hasil karya sendiri. Bahkan mau mengajarkan kami bagaimana cara membuatnya

Pertama :

Siapkan rebusan air garam yang cukup asin dan biarkan hingga dingin.

Cuci telur telur hingga bersih.

Masukkan kedalam botol atau wadah yang berisi air garam yang sudah dingin

Tutup botol atau wadah,agar tidak kemasukan kotoran atau serangga.

Tuliskan tanggal dan tempelkan di wadah,agar kita tahu ,kapan telur ini siap untuk di panen

Dalam waktu 10 hari,telur sudah bisa di masak,tergantung selera masing masing.

Bagi yang suka lebih asin,bisa menunggu hingga 2 minggu.

Jangan biarkan terlalu lama,karena akan”mengaram” dan tidak enak lagi dimakan

Cara membuat telur asin tradisionil.

Telur dicuci bersih dulu lalu dikeringkan

Siapkan tanah liat,abu tungku dan garam diaduk aduk

garamnya harus cukup banyak.

Lumuri telur dengan adonan tanah yang sudah disiapkan, hingga menutupi seluruh permukaan telur

kemudian disusun dalam wadah yang sudah disiapkan.

tutup rapat selama 10 hari atau 2 minggu

Telur siap di panen

Meningkatkan IQ

Konon menurut penelitihan di China, makan trelur asin ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak..Kebetulan anak kami suka sekali makan telur asin ,Sewaktu kuliah di California State Chico University, dalam usia 21 tahun,lulus dengan predikat Cumlaude . Pada waktu pengumuan,nama nama yang dipanggil dan mendapat peringkat 3 besar,semuanya berasal dari Asia..Tentunya bukanlah berarti,makan telur asin,terus lantas menjadi cerdas. Telur asin hanya berfungsi untuk meningkatkan daya kinerja otak dan kemampuan berpikir,yang harus disertai dengan berlajar giat juga.

Nah,kendati tidak ada konfirmasi formal di dunia .bahwa telur asin dapat meningkatkan I.Q,tidak ada salahnya dalam menu anak cucu,disertai juga dengan telur asin,karena tidak ada efek negatif ,disamping rasanya yang lezat. Sekecil apapun upaya yang dapat kita lakukan untuk anak dan cucu,tentunya jangan di lewatkan. Karena tidak jarang hal yang kelihatan sangat sepele,bisa menghadirkan perubahan besar dalam hidup ini.

(Visited 58 times, 1 visits today)