Malaysia dituduh sembunyikan info MH370, UMNO marah

0
692

lImJ8sKN82

INDOLAH.COM – Tuduhan pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, bahwa Pemerintah Malaysia menyembunyikan informasi penting terkait tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 membuat partai pendukung pemerintah marah.

United Malay National Organization (UMNO), partai berkuasa Malaysia menyebut tuduhan Anwar Ibrahim tidak berdasar. ”Tuduhan gila,” ucap Sekretaris Jenderal UMNO, Tengku Adnan Tengku Mansor, seperti dikutip New Straits Times, Sabtu (5/4/2014).

Dia menegaskan, Malaysia tidak menyembunyikan informasi apa pun terkait tragedi hilangnya pesawat MH370 yang membawa 239 orang itu. Dia berharap masyarakat memahami bahwa Pemerintah Malaysia melakukan yang terbaik yang mereka bisa untuk menemukan pesawat tipe Boeing 777 – 200ER yang hilang sejak 8 Maret 2014.

Kepada media Inggris, Telegraph, Anwar Ibrahim, mengecam Putrajaya dengan menuduh bahwa mereka menyembunyikan informasi tentang tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

Anwar, yang baru-baru ini bebas dari tuduhan kasus sodomi, mengaku bingung, mengapa sistem radar canggih Merconi milik Malaysia gagal mendeteksi penyimpangan rute pesawat MH370. “Itu (alasan Malaysia) tidak hanya tidak bisa diterima, tapi tidak mungkin, bahwa pesawat belum terlihat oleh sistem radar Marconi setelah mengubah arah,” kata Anwar.

Sistem radar, menurut Anwar, akan langsung mendeteksi pesawat tipe Boeing 777 itu, karena melakukan perjalanan dari timur ke barat, setidaknya di empat negara bagian Malaysia. “Saya percaya pemerintah lebih tahu dari kita. Mereka memiliki kewenangan untuk menginstruksikan Angkatan Udara atau Malaysia Airlines,” lanjut Anwar.

(Visited 85 times, 1 visits today)