Mantan PM Najib Razak Terseret Kasus Korupsi Baru

0
137
Mantan PM Najib Razak Terseret Kasus Korupsi Baru
Mantan PM Najib Razak Terseret Kasus Korupsi Baru

Indolah.com – Mantan PM Najib Razak Terseret Kasus Korupsi Baru, Mantan Perdana Menteri Najib Razak kembali diperiksa Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) pada Senin (19/11). Kali ini ia ditanyai penyidik berkaitan proyek pembangkit listrik tenaga surya hibrida untuk sekolah-sekolah di pedesaan di Negara Bagian Sarawak.

Proyek itu terkait dengan pembangunan sistem energi tenaga surya dan pemeliharaan pengoperasian generator diesel untuk 369 sekolah di pinggiran Sarawak.

Najib tampak masuk gedung MACC sekitar jam 09.22 waktu Kuala Lumpur.

Masalah itu sudah terlebih dulu menangkap sang istri, Rosmah Mansor.

Dikutip The Strait Times, Rosmah sudah didakwa dalam dua masalah korupsi pada Kamis (15/11) minggu kemarin. Perkara dugaan rasuah itu disebut bernilai RM1,25 miliar atau sama dengan Rp4,3 triliun.

Jaksa menuding Rosmah minta suap sebesar RM187,5 juta pada 2016 lalu dari pejabat Jepak Holdings Sdn Bhd, Saidi Abang Samsudin, lewat mantan ajudannya Datuk Rizal Mansor.

Rosmah ikut disebut terima suap sebesar RM1,5 juta dari Saidi. Diduga tindakan itu dilakukan Rosmah pada Maret serta April 2016.

Baca Juga : Ini Identitas Mayat dalam Drum yang Ditemukan Pemulung di Bogor

Rosmah disebut terima uang jutaan ringgit itu karena membantu Jepak Holdings memenangi proyek itu, lewat negosiasi langsung dengan Kementerian Pendidikan.

Najib serta Rosmah selalu jadi subjek penyidikan kasus dugaan korupsi sesudah koalisi oposisi, Pakatan Harapan, berhasil memenangi pemilihan umum pada Mei kemarin.

Semenjak itu, Najib serta Rosmah selalu disorot karena dugaan keterkaitan mereka dalam skandal korupsi lembaga investasi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).

Selama ini, Najib sudah dijerat 40 tuduhan termasuk juga pencucian uang serta penyalahgunaan kekuasaan dalam skandal 1MDB.

Selain itu, Rosmah sudah dijatuhi 19 tuduhan atas masalah korupsi. Pada 4 Oktober lalu, Rosmah dijatuhi 17 tuduhan berkaitan pencucian uang sebesar 7 juta ringgit.

(Visited 20 times, 1 visits today)