Mazda MX-5 Telah Menjadi Mobil Sport Serba Guna Yang Terjangkau

0
62

Indolah.com – Mazda MX-5 telah menjadi mobil sport serba guna yang terjangkau sejak dirilis lebih dari tiga dekade lalu, alasan besar untuk daya tahannya. Di dunia yang selalu memodernisasi, mobil sport klasik dengan ornamen dasar dan penanganan yang sangat memuaskan dan, tentu saja, tanpa atap! telah membuatnya dipuja oleh mereka yang suka berkendara.

Itu juga telah menarik dan memelihara perhatian aftermarket, dengan banyak perusahaan menawarkan kit untuk membuat tampilan roadster Inggris klasik Mazda menjadi lebih murni atau lebih liar Xenex MX Speedster termasuk dalam kategori terakhir.

Dimulai dengan NA droptop Mazda generasi pertama kit MX Speedster mengubahnya menjadi salah satu bentuk paling gila dari Miata sambil berpotensi menyertakan pertukaran V-8 opsional bagi mereka yang menginginkan empat silinder lagi. Dan lebih banyak lagi, Anda tahu, lebih banyak lagi.

Itu semua adalah visi yang dibuat oleh pendiri Xenex , Kim Petersen, dan desainer Tlibekua, Kasim Tlibekov, yang dimulai pada tahun 2021. Melihat rendering MX Speedster, Anda pasti memikirkan gambar pembalap Le Mans dari masa itu.

para pembalap masih berlari ke mobil mereka dan melompat untuk memulai balapan. Ini hanya memiliki gumpalan paling dasar dari kaca depan, sepasang tetesan air mata di belakang sandaran kepala, dan roda berbibir dalam yang pas di bawah spatbor yang diperpanjang.

Dengan pencahayaan LED, aero modern, dan roda yang relatif besar, tampilannya tetap segar. Ini benar-benar perpaduan antara tampilan jadul dan desain modern semuanya di atas mobil donor Miata generasi NA yang sederhana dan terjangkau.

Ide dari MX Speedster lebih dari sekedar bodykit, ini adalah konversi penuh yang juga dapat mencakup “suspensi track-ready, roda dan ban 17 inci, dan rem kompetisi Wilwood” serta bagian penambah tenaga.

Bagian-bagian itu semuanya telah diuji coba menggunakan bagal Miatas yang dikemudikan oleh pengemudi profesional dan dibuat dengan berbagai peningkatan untuk mendapatkan opsi berbeda yang tersedia untuk MX Speedster.

Akan ada empat versi demo dari MX Speedster, yang pertama adalah konversi bodi dengan peningkatan dasar bersama dengan peningkatan camshaft dan header untuk mesin 1,6 atau 1,8 liter. Level selanjutnya adalah Speedster S, yang menggunakan kit Fastforward Superchargers untuk menghasilkan tenaga hingga 200 hp.

Versi terakhir dan paling ekstrem adalah Speedster RS, dengan desain “mirip IMSA” dan opsi untuk mengubahnya menjadi tenaga V-8, yang dalam mobil demo adalah GM LS1 dengan 350 hp. Di dalam mobil yang beratnya kurang dari satu ton.

Meski begitu, karena mobil-mobil ini didasarkan pada sasis donor Miata, semuanya agnostik pembangkit tenaga. Jika Anda dapat menukar mesin ke NA Miata, Anda mungkin dapat memasukkannya ke dalam MX Speedster.

Perusahaan bahkan mengatakan kepada kami bahwa menggunakan sesuatu seperti Honda J-series atau GM LFX V-6 sebenarnya lebih baik karena bisa lebih ringan daripada LS V-8 dengan tenaga kuda yang lebih dari cukup untuk MX Speedster yang ringan. Petersen juga mengatakan bahwa pasar yang mereka tuju mungkin tidak akan meminta pertukaran V-8 sejak awal.

Penelitian kami menunjukkan bahwa sebagian besar pasar kami lebih suka mengutak-atik stok mereka 1,6 liter atau 1,8 liter dengan mungkin header, knalpot yang lebih terbuka, asupan udara dingin, dan mungkin camshaft yang lebih panas. Yang lain mencari lebih ‘keuletan’ lebih terbuka untuk supercharging.

Baca Juga : Satu Hal Yang Ditambahkan Petersen Tentang Xenex Dan MX Speedster Bahwa Ini Tidak Akan Menjadi Mobil Turn-Key.

Sebaliknya, katanya kepada kami, rencana kami adalah menjual re-body kit kami kepada pengemudi yang mencari mobil yang sederhana, ringan, dan bertenaga tanpa segala sesuatu yang tidak diperlukan untuk kecepatan, kesenangan, dan petualangan.

Karena mobil-mobil ini tidak akan menjadi turn-key, bagaimana calon pemilik dapat melakukan konversi ini? Petersen menjawab, “Kami yakin bahwa kecocokan dan penyelesaian panel bodi dan suku cadang fiberglass kami tepatnya selusin sedemikian rupa sehingga pelanggan yang mampu secara mekanis dapat merakit sendiri re-body kit kami. Setiap kit juga akan dilengkapi dengan instruksional video yang menuntun mereka melalui seluruh proses.

Di luar pemilik yang cenderung mekanis itu, bengkel yang kompeten juga dapat melakukan pekerjaan itu. Kabar baik lainnya bagi mereka yang ingin mengurangi bobot MX Speedster lebih jauh lagi, serat karbon menjadi pilihan untuk menggantikan konstruksi fiberglass bagi mereka yang menginginkannya.

Padahal, itu menimbulkan pertanyaan lain tentang kaca depan. Apa yang dapat dilakukan pemilik jika kaca depan yang disediakan tidak legal di negara bagiannya atau pemilik tidak ingin memotong kaca depan saham NA? Petersen tahu betul tentang situasi itu, pernah tinggal di Virginia dengan Ariel Atom 2 dan undang-undang negara bagian yang terkenal ketat tentang inspeksi kendaraan dan kendaraan khusus.

Sementara Petersen percaya bahwa kaca depan harus lulus itu dan inspeksi negara bagian lainnya, ada opsi lain. “Jika pelanggan ingin atau perlu mempertahankan kaca depan aslinya,” jawab Petersen, “kami dapat memberikan instruksi khusus untuk melakukan modifikasi yang diperlukan.”

MX Speedster pertama dijadwalkan akan dibangun pada bulan Februari dan dikirim ke lokasi Tucson Xenex pada bulan Maret. Ada juga rencana untuk membangun test bagal MX Speedster untuk pengembangan dan eksperimen lebih lanjut bersama dengan dua lainnya pada bulan Mei.

Masa depan Xenex pada akhirnya akan menjelajah lebih dari sekadar NA Miata, tetapi Petersen belum akan menjelaskan secara detail. “Fokus Xenex saat ini adalah NA Miata,” kata Petersen kepada kami, “namun, jika kami melihat permintaan pasar untuk model Miata lainnya, kami akan siap untuk memenuhinya.

Dia memberikan petunjuk dengan menyebutkan C5 Corvette, tapi tidak banyak bicara. Apa pun akhirnya, itu pasti akan terlihat tajam seperti yang ditunjukkan MX Speedster kepada kita.

(Visited 7 times, 1 visits today)