Melihat Spesifikasi Galaxy S9 dan S9 Plus

0
928
Melihat Spesifikasi Galaxy S9 dan S9 Plus
Melihat Spesifikasi Galaxy S9 dan S9 Plus

Indolah.com – Melihat Spesifikasi Galaxy S9 dan S9 Plus. Galaxy S9 dan S9 Plus yang dirilis Samsung pada Minggu (25/2/2018) di Barcelona ini membawa beberapa pembaruan, baik dari segi spesifikasi, fitur, hingga desain. Seperti apa spesifikasinya?

Untuk prosesornya, seperti biasa Samsung menyediakan dua versi. Yaitu varian dengan Snapdragon 845 untuk pasar Amerika Serikat, dan prosesor Exynos terbaru untuk pasar negara lainnya.

Dari segi desain, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus secara berurutan mengusung layar AMOLED 5,8 inci dan 6,2 inci. Pemindai sidik jari yang sebelumnya dipatrikan di sisi samping punggung ponsel, kini dipindahkan ke bawah kamera.

Soal RAM, Galaxy S9 akan dilengkapi dengan RAM 4 GB dan S9 Plus menggunakan RAM 6 GB. Keduanya hadir dengan storage 64 GB yang bisa ditambah dengan kartu micro SD. Galaxy S9+ juga punya baterai sedikit lebih besar, yaitu 3.500 mAh berbanding dengan 3.000 mAh di Galaxy S9.

Baik Galaxy S9 dan S9 Plus juga mempunyai standardisasi IP68 yang membuatnya tahan debu dan air. Keduanya pun mendukung pengisian baterai menggunakan kabel ataupun nirkabel secara cepat.

Kamera

Peningkatan yang terlihat paling signifikan adalah fitur kameranya, yaitu kamera tunggal di Galaxy S9 dan kamera belakang ganda di S9 Plus. Kamera belakang di kedua ponsel ini mempunyai bukaan diafragma yang bisa diubah pengaturannya, yaitu antara bukaan f/1,5 dan f/2,4. Lantas apa gunanya?

Angka bukaan diafragma yang lebih kecil artinya mempunyai bukaan yang lebih besar, sehingga cahaya yang masuk lebih banyak. Opsi ini berguna untuk memotret di tempat yang kurang cahaya. Sebaliknya, di f/2,4, cahaya yang masuk lebih sedikit yang berguna untuk memotret di tempat yang terlalu terang. Bukaan f/1,5 ini juga jauh lebih besar ketimbang di S8 yang bukaannya hanya f/1,7.

Tak cuma itu, sensor kamera S9 ini menggunakan teknologi autofokus dual pixel terbaru yang lebih kencang dan lebih tepat dalam memfokuskan gambar. Juga bisa mengurangi noise yang timbul saat memotret di daerah kurang cahaya.

Kamera ini bisa dipakai untuk merekam video slow motion dengan frame rate sangat tinggi, maksimal 960 fps (di resolusi 720p) yang akan menghasilkan video slow motion yang sangat memukau. Perekaman momen dua detik bisa diperpanjang menjadi enam detik. Hal ini untuk menambah efek dramatis pada momen-momen tertentu.

Sistem dua kamera belakang di S9 Plus cara kerjanya mirip yang dipakai di Note 8. Yaitu lensa kedua dengan focal length lebih panjang alias telephoto dengan bukaan f/2,4 dan berguna untuk menghasilkan efek portrait mode milik Samsung yang bernama Live Focus.

Duo ponsel anyar ini juga punya sebuah fitur baru untuk menyaingi iPhone X, yaitu AR Emoji. Fitur ini membuat pengguna S9 dan S9 Plus bisa membuat emoji berdasarkan wajahnya sendiri, yang kemudian bisa diubah sesuka hati menggunakan bermacam opsi yang ada.

(Visited 50 times, 1 visits today)