Mengunjungi Air Terjun di Lembah Harau

0
1673
Mengunjungi Air Terjun di Lembah Harau
Mengunjungi Air Terjun di Lembah Harau

Indolah.com – Mengunjungi Air Terjun di Lembah Harau. Pulang kampung ke Sumatera Barat, jangan lupa menjelajah ke Lembah Harau. Jika ingin yang menantang, cobalah mendatangi Air Terjun Sarasah Murai Gantiang.

Tidak hanya memiliki tebing-tebing terjal berwarna-warni yang menjulang tinggi, Lembah Harau juga memiliki banyak air terjun indah baik yang sudah dikenal maupun yang masih tersembunyi.

Air terjun yang telah dikenal sebagai obyek wisata diantaranya Air Terjun Sarasah Aka Barayun, Air Terjun Sarasah Aie Luluih dan Air Terjun Sarasah Bunta. Air terjun ini menjadi obyek wisata karena lokasinya yang mudah ditempuh oleh pengunjung.

Di beberapa tempat sekitar Lembah Harau ternyata masih banyak menyimpan air terjun yang tidak kalah indahnya salah satunya adalah Air Terjun Sarasah Murai Gantiang. Di mana masih jarang orang yang datang ke lokasi karena keberadaannya yang terpencil dibanding air terjun lainnya.

Untuk menuju lokasi awal trekking, kita harus menempuh perjalanan sekitar 10 km dari pintu masuk kawasan Lembah Harau. Jalan yang harus diilalui juga tidak mudah karena harus melewati jalan tanah berbatu dengan kondisi tidak merata.

Baca juga: Konsep Summer Paradise Festival Goyang Serpong Di Juli 2016

Sesampainya di lokasi awal trekking, kita akan disuguhkan panorama serba hijau sejauh mata memandang. Berjalan sebentar lalu masuklah ke jalur hutan dengan kondisi basah dan lembab. Tidak sampai 5 menit, kami sudah sampai di air terjun tingkat pertama. Debit airnya sangat deras ketika itu karena semalam sebelumnya baru saja turun hujan di sekitar Lembah Harau.

Perjalanan tidak berhenti sampai di situ saja karena air terjun ini memiliki tujuh tingkat yang semuanya bisa dikunjungi. Dari tingkat satu ke tingkat dua belum ada masalah meski jalurnya cukup terjal, namun dapat mudah kami lalui.

Mulai tingkat kedua dan berikutnya, trekking mulai menyulitkan karena jalurnya sangat terjal, dibutuhkan tali webbing guna memudahkan kami melalui jalur tersebut. Akhirnya semua air terjun pada tiap tingkatnya berhasil kami kunjungi.

Perlu diketahui, trekking di Air Terjun Sarasah Gantiang sangat tidak disarankan bagi pemula karena masih jarang dijamah oleh orang maka jalurnya sering tertutup dedaunan kering yang dapat menyesatkan selain itu jalurnya sangat terjal dan butuh keberanian lebih untuk melaluinya.

(Visited 269 times, 1 visits today)