Menjelang Imlek, Inilah 7 Kleteng Unik dan Populer di Indonesia

0
74

Menjelang Imlek, Inilah 7 Kleteng Unik dan Populer di Indonesia

Indolah.comMenjelang Imlek, Inilah 7 Kleteng Unik dan Populer di Indonesia. Mendekati perayaan Imlek, klenteng atau vihara umumnya jadi terlihat lebih bagus dibanding umumnya. Ada yang dicat ulang, tetapi sejumlah besar klenteng itu dihias dekorasi ciri khas Imlek.

Suasana klenteng akan terlihat lebih merah serta ramai dibanding umumnya. Diantara banyak klenteng yang ada, ada tujuh yang sangat popular di Indonesia.

1. Klenteng Tay Kak Sie, Semarang

Berikut salah satunya klenteng sangat popular di Jawa Tengah, persisnya di Semarang. Berdiri semenjak 1746, klenteng ini berada di Jalan Gg. Lombok Nomer 62, Purwodinatan, Semarang.

Uniknya dari Tay Kak Sie ialah banyak ornament serta lambang yang dibikin sama dengan era 19. Spesialnya kembali, kamu dapat lihat tiruan perahu Laksamana Cheng Ho.

2. Klenteng Tri Dharma Chandra Nadi, Palembang

Diketahui menjadi klenteng pertama di Palembang. Tempatnya ada di Jalan Perikanan, Nomer 10, Ulu. Asyiknya berwisata di sini, kamu dapat nikmati keindahan klenteng memakai perahu getek.

Salah satunya keyakinan penduduk seputar mengenai klenteng ini ialah dapat menginginkan kesembuhan dari beberapa jenis penyakit. Tiap-tiap tahun klenteng Tri Dharma Chandra Nadi akan dibikin bersih, dicat lagi, serta dihiasi beberapa ribu lampion.

3. Klenteng Xian Ma, Makassar

Berlainan dari yang lain, klenteng ini berdiri dalam suatu bangunan berlantai enam seperti ruko. Bangunan Xian Ma begitu kental dengan arsitektur ciri khas China yang mempesona. Tempatnya ada di Jalan Sulawesi, Wajo, Pattunuang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Tiap-tiap lantainya diperlengkapi patung Dewa-Dewa yang berlainan, seperti patung Namo Maitreye serta Raja Langit. Spesialnya kembali, interior serta ornament setiap lantainya begitu meriah, terpenting waktu Imlek.

Baca juga : Inilah 12 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia Yang Harus di Ketahui

4. Klenteng Cu An Kiong, Lasem

Kembali pada Jawa Tengah, kesempatan ini tempatnya ada di Jalan Dasun Nomer 19, Soditan, Lasem, Kabupaten Rembang. Cu An Kiong terbagi dalam bangunan kuno era 16 yang masih tetap tertangani.

klenteng Cu An Kiong demikian artistik dengan ukiran kayu klasiknya yang berwarna-warni. Kamu dapat lihat altar Makco Thian Siang Sing Bo (Dewi Laut) di dalamnya, tetapi tidak bisa masuk ruang ruangan penting ya.

5. Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

Dibalik kemegahannya, sarana cukuplah komplet serta bermacam. Dapat digunakan menjadi tempat istirahat, berdoa, surganya kuliner, dan lain-lain.

Spesialnya kembali, klenteng Kwan Sing Bio adalah salah satunya klenteng paling besar di Asia Tenggara dengan luas ruang 4 hektare. Tempatnya terdapat di Jalan R.E. Martadinata Nomer 1, Desa Karangsari, Kecamatan Tuban, Jawa Timur.

6. Klenteng Hok Tek Hian, Surabaya

Menjadi kota penuh riwayat, Surabaya pun memiliki klenteng kuno yang dibuat pada 1899. klenteng ini berada di Jalan Dukuh Nomer 21.

Dibuat tentara Tartar pada jaman kaisa Ku Bhi Lai Khan, klenteng ini memiliki Kim Lo (pagoda bertingkat tujuh). Tidak cuma melihat-lihat, kamu dapat belajar mengenai budayanya berbentuk wayang potehi yang mempesona.

7. Vihara Surga Neraka, Singkawang

Lokasi Singkawang begitu popular dengan kebudayaan serta kebiasaan penduduk Tionghoa. Kamu dapat temukan banyak klenteng atau vihara unik nan menarik di sini. Diantaranya ada di Kampung Sempalit, 12 km. dari pusat kota.

Sesuai dengan namanya, vihara ini ada patung Dewa-Dewa keyakinan orang Tionghoa yang tinggal di surga serta neraka. Tidak cuma itu saja, vihara ini memiliki relief naga yang sangat bagus.

(Visited 20 times, 1 visits today)