Menkeu Sri Mulyani Sindir Pihak yang Suka Sebar Hoax Masalah Utang RI

0
158
Menkeu Sri Mulyani Sindir Pihak yang Suka Sebar Hoax Masalah Utang RI
Menkeu Sri Mulyani Sindir Pihak yang Suka Sebar Hoax Masalah Utang RI

Indolah.com – Menkeu Sri Mulyani Sindir Pihak yang Suka Sebar Hoax Masalah Utang RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung usaha provokasi pihak tertentu berkenaan tingginya nominal utang Indonesia. Menurut dia, pihak-pihak yang coba memprovokasi orang-orang dengan issu naiknya utang Indonesia di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo tidak lihat konteks ekonomi dengan utuh.

“Pengelolaan keuangan negara senantiasa dengan prinsip undang-undang, bisa jadi instrumen mensejahterakan rakyat. APBN itu instrumen, bukanlah arah, utang itu yaitu instrumen, alat. Bila saat ini ada yang menuturkan utang bertambah dengan nominal dikatakan mendekati Rp 4.000 triliun, Indonesia telah mau roboh. Padahal bila banding utang, dengan nominal teratas seperti Jepang serta Amerika,” kata Sri Mulyani.

“Undang-undang kita terang, kita tidak bisa utang lebih dari 60% dari product domestik bruto. Bagi mereka yang pengin memprovokasi, buat hoax, menghasut, cuma lihat nominal utangnya, tidak lihat semua ekonominya, tidak lihat APBN-nya, tidak lihat konteks ekonomi,” tambah Sri Mulyani, dalam acara Dialog Nasional 8 bertajuk Indonesia Maju, di Sportorium Kampus Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (11/3/2018).

Baca Juga : Minta Pesawat Putar Balik, Penumpang Lion Air Ditangkap

Sri Mulyani menyebutkan orang-orang seandainya menginginkan mengukur situasi ekonomi Indonesia mesti lihat semua tolok ukurnya. Di antaranya rasio utang pada PDB serta ratio utang pada keahlian bayar. Dan perkembangan ekonomi, turunnya gini ratio, serta pembangunan infrastruktur.

“Tapi itu tidak disebut oleh pembuat (provokasi), mereka berniat, mengatakan angkanya saja untuk menakut-takuti. Sebenarnya mereka ketahui perihal APBN,” sebutnya.

Dalam Dialog Nasional ini mendatangkan pembicara Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dibarengi oleh mahasiswa dari bermacam universitas, serta Forkompimda DIY.

(Visited 270 times, 1 visits today)