Mentawai, Destinasi Wisata yang Terkenal Dengan Panorama Alamnya

0
316
Mentawai, Destinasi Wisata yang Terkenal Dengan Panorama Alamnya
Mentawai, Destinasi Wisata yang Terkenal Dengan Panorama Alamnya

Indolah.com – Mentawai, Destinasi Wisata yang Terkenal Dengan Panorama Alamnya, Mentawai demikian populer dengan pemandangan alamnya yang mengagumkan. Tidaklah heran bila pulau ini jadi tujuan favorite traveler lokal ataupun mancanegara.

Bidang pariwisata Mentawai sudah sempat terjatuh pasca-tsunami besar yang menghajar 2010. Hal tersebut berimbas pada perekonomian ditempat.

Mentawai selekasnya berbenah. Kesadaran akan letak Mentawai yang begitu riskan pada musibah, pemerintah ditempat lengkapi pulau itu dengan fasilitas evakuasi.

Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, mengatakan sekarang Mentawai aman didatangi. Pihaknya sudah bangun jalan evakuasi yang dapat dipakai jika setiap saat ada musibah.

Mentawai, Destinasi Wisata yang Terkenal Dengan Panorama Alamnya

Jalan itu berbentuk bukit yang dapat jadi tempat berlindung manusia. Jalan itu ikut diperlengkapi cadangan makanan hingga wisatawan tak perlu cemas bertandang ke Mentawai.

Baca Juga >>> Umbul Ponggok, Destinasi Wisata Air Yang Populer di Klaten

” Tiga menit sampai ke bukit, aman. Diatas bukit kita tanam pisang, agar jika berlangsung gempa janganlah nunggu pertolongan di luar, itu kan lama,” tutur Yudas, diambil dari Merdeka.

Berkaca pada musibah awal mulanya, Yudas tidak ingin kembali pengalaman pahit masyarakat kelaparan terulang lagi. Pemikiran itu sebagai latar belakang ditanamnya beberapa tanaman pangan di jalan evakuasi, seperti pisang serta kelapa.

” Jika nunggu pertolongan, 1 minggu baru sampai, Disana telah ada pisang, kelapa, yang dapat dikonsumsi terlebih dulu, itu pendekatan yang kita bikin,” kata Yudas.

Meskipun begitu, Yudas menuturkan sebetulnya tempat Mentawai tambah lebih aman dibanding Padang saat berlangsung gempa. Mencuplik opini ahli geologi, Yudas menjelaskan jika lempeng Eurasia bergesekan dapat membuat ketinggian Mentawai naik.

” Lempengan Mentawai saat (ada gerakan) lempengen Eurasia ini mendesak, yang turun lempengan Padang. Nah, lempengan Mentawai bila tersentak, ia naik tiga mtr., Padang turun tiga mtr.,” katanya.

Setelah itu, Yudas mempersilakan beberapa wisatawan untuk bertandang ke Mentawai tiada butuh terasa cemas. Keindahan alam serta kebiasaan istiadat Mentawai begitu sayang untuk ditinggalkan.

” Kita miliki tato Mentawai, itu telah populer, lantas alam kita bagus juga, untuk surfing ikut mengagumkan,” kata Yudas.

Selanjutnya, Yudas menjelaskan penduduk Indonesia pas bertandang pada Januari sampai pertengahan tahun. Karena, ombak di Mentawai cukuplah tenang.

Sedang untuk traveler mancanegara, pas hadir pada Juni. Ombak Mentawai di bulan itu cukuplah tinggi, begitu cocok buat wisatawan asing yang demikian suka pada surfing.

” Jadi, silahkan hadir serta nikmati keindahan Mentawai,” kata Yudas.

(Visited 28 times, 1 visits today)