Menurut Iniesta Martino Adalah Pelatih Terbaik Yang Barca Punya

0
715

Iniesta

Indolah.com – Gelandang Barcelona Andres Iniesta mengaku berharap klubnya mempertahankan pelatih Gerardo “Tata” Martino. Menurutnya, Martino adalah yang terbaik dan layak diberikan kesempatan membuktikan kualitasnya.

“Bagiku, pelatih yang kami miliki saat ini adalah yang terbaik. Juga, aku akan senang jika ia bertahan di sini lebih lama dan membuktikan kepada semua orang apa yang ia bisa lakukan,” ujar Iniesta.

“Tahun pertama (di bawah era Martino) sulit bagi semua orang di sini. Aku melihatnya memiliki semangat dan determinasi yang seharusnya. Ia selalu yakin akan para pemain.”

“Semuanya tak selalu berjalan seperti yang Anda inginkan, tetapi Anda harus mencoba. Barcelona adalah dunia yang sulit, bukan hanya untuknya, tetapi untuk semua orang dan juga bagi kami para pemain. Ada tuntutan yang selalu tinggi dan Anda harus selalu siap menghadapinya.”

“Kami telah gagal sebagai tim pada momen-momen penting. Kadang kala, segalanya tak berjalan sesuai keinginan Anda. Itu bukan karena Anda tak menginginkannya, tetapi memang begitulah yang kadang kala terjadi. Anda selalu membuat perubahan, terlepas dari apakah Anda meraih trofi atau tidak,” tuturnya.

Hal tersebut disampaikan Inista berkaitan dengan pemberitaan di Spanyol, yang menyebut Barcelona dan Martino akan mengakhiri kerja sama pada akhir musim ini. Barcelona bahkan disebut sudah mendekati pelatih Celta Vigo Luis Enrique untuk mengantisipasi kemungkinan perginya Martino.

Barcelona dan Martino disebut-sebut mempertimbangkan mengakhiri kerja sama karena banyak hal tidak berjalan sesuai harapan musim ini dan tidak menemukan kecocokan. Messi, misalnya, dinilai mengalami penurunan performa karena Martino tidak bisa membangun strategi yang mengakomodasi talenta Messi.

Barcelona juga mengalami banyak masalah di luar lapanganmusim ini, mulai dari kasus nilai transfer Neymar yang berujung pengunduran diri Sandro Rosell dari jabatan presiden klub dan dugaan pelanggaran transfer pemain yang membuat Barcelona terancam dilarang membeli pemain hingga musim panas 2015.

Masalah yang berkaitan langsung dengan Martino adalah kegagalan Barcelona menjuarai Copa del Rey dan Liga Champions. Barcelona masih memiliki peluang menjuarai Primera Division. Dengan satu laga tersisa, Barcelona duduk di peringkat kedua dengan nilai 85, atau kalah tiga angka dari Atletico Madrid. Barcelona dan Atletico akan bertemu pada jornada ke-38, di Camp Nou, 18 Mei 2014.

Martino diangkat menjadi pelatih Barcelona pada Juli 2013. Ia menggantikan Tito Vilanova, yang menderita kanker dan akhirnya meninggal karena penyakit itu pada 25 April 2014.

“Kematian Tito adalah pukulan keras. Kami menghabiskan waktu bersama-sama dalam waktu lama. Ia pernah menjadi asisten pelatih dan kemudian selama setahun menjadi pelatih kami dan kami memenangi liga dengan seratus poin,” ujar Iniesta.

“Kehilangan dirinya, sejujurnya, sangat menyakitkanku.Selama ini, kami terus berkomunikasi dengannya. Kami bicara kadang kala dan aku bertanya tentang keadaannya dan kami akan bicara soal sepak bola,” tambahnya.

(Visited 67 times, 1 visits today)