Merek Global Jaguar Yang Baru Saja Direkrut

0
72

Indolah.com – Bukannya kami tersinggung atau menentangnya itu bukan untuk kami.” Demikian kata Adrian Hallmark, direktur merek global Jaguar yang baru saja direkrut, merujuk pada konsep Bertone B99 yang diperlihatkan di Jenewa pada bulan Maret. Kesalahan besar, menurut saya pendapat. B99 lebih mirip Jaguar klasik daripada sedan Jaguar produksi saat ini, dan itu dilakukan tanpa retro.

Sedan XJ, Desain Tahun Ini kami, masih mempertahankan sisa nacelles headlamp double-bump Sir William Lyons dari 1960-an, detail retro yang lebih terang-terangan daripada apa pun pada konsep Bertone, dan ia menderita pilar-C hitam konyol dan lampu belakang Lancia yang bergaris.

Kekuatan konsep B99 terletak pada pendirian dan proporsinya. Rendah, lebar, dan memiliki overhang depan yang diperkecil tajam, sangat sejalan dengan warisan sporty Jaguar. Ini juga menikmati interior megah yang dipenuhi dengan penggunaan kayu mewah dengan cara yang belum pernah terlihat sebelumnya tetapi benar-benar konsisten dengan tradisi Jaguar.

Jelas, Jaguar tidak boleh mengadopsi B99 secara keseluruhan, tetapi perusahaan benar-benar harus berpikir keras tentang bagaimana mengadopsi proporsi yang sangat baik dalam produksi.

Saya diberitahu bahwa para insinyur Jaguar tidak percaya overhang depan pendeknya dapat dicapai, yang menunjukkan bahwa mungkin para pemimpin perusahaan harus merekrut beberapa insinyur bodi BMW untuk menyesuaikan kembali pemikiran tim mereka sendiri.

Insinyur selalu suka bermain aman dengan mengulangi apa yang telah mereka buktikan, dan perbaikan radikal seperti kaca samping yang hampir rata yang pertama kali terlihat beberapa dekade yang lalu pada Audi 5000 – biasanya membutuhkan dorongan kuat dari penata gaya. Yang terakhir tidak boleh menerima jawaban “tidak”.

Jika Anda melihat seluruh sejarah Jaguar, termasuk model Swallow SS dari tahun 1930-an, nilai dari gaya mereka selalu dalam proporsi yang sangat indah seringkali dipertahankan dengan mengorbankan akomodasi yang sempit, ruang bagasi yang terbatas, dan karakteristik lain yang tidak diinginkan.

Tidak masalah, mereka tampak hebat dan orang-orang sangat ingin membelinya meskipun ada kekurangan praktis. Sungguh ironis bahwa konsep Italia ini, tim desainnya yang dipimpin oleh seorang direktur Amerika (Michael Robinson) dan kepala desainer Inggris (Adrian Griffiths) harus lebih dekat dengan praktik Sir William Lyons daripada mobil XF dan XJ saat ini. Bagus seperti itu, pengemasan mereka didasarkan pada pembandingan dan rasionalisasi yang diberlakukan Ford untuk menyesuaikan kepekaan Amerika dan lebih buruk karenanya.

Desainer hebat hanya dapat melakukan banyak hal jika mereka dipaksa untuk mengikuti template yang tidak benar-benar sesuai dengan marque yang sedang mereka kerjakan. Rentang Jaguar sangat membutuhkan pengganti yang solid untuk tipe X entry-level yang sudah tidak berfungsi, penjual kontemporer terbesar perusahaan meskipun mobilnya kurang anggun, yang merupakan hasil dari Ford Mondeo dalam setelan Jaguar.

Baca Juga : Elemen Miring Menambah Kesan Lebar Dan Memberikan Sedikit Dekorasi.

Tidak diragukan lagi bahwa Jaguar memiliki tim desain yang dibutuhkannya, tetapi ia juga harus memiliki manajemen yang akan membuat mobilnya menjadi Jaguar, bukan ringkasan pengukuran “terbaik di kelasnya”.

Kisi-kisi yang diselimuti berkaitan dengan gagasan Bertone bahwa ini harus menjadi hibrida dengan persyaratan pendinginan yang lebih rendah dari biasanya. Potongan bahan gemerlap kaca di sekeliling pelek jangan dibaca dari jarak mengemudi normal.

Lampu seperti bilah di sudut bodi sama sekali tidak ada hubungannya dengan praktik Jaguar masa lalu, namun terlihat sangat sesuai.

Garis lekukan yang halus ini menekankan profil depan yang menurun. Itu dimulai tepat di belakang lampu depan, melewati pegangan pintu, dan menghilang di kulit pintu belakang.

Sebuah kamera pandangan belakang berada di bilah tipis ini, membuat seluruh tubuh bagian atas menjadi satu bentuk pahatan yang bersih.

Paha Jaguar klasik dipertahankan, dengan bagian atas meringkuk di antara puncak spatbor. Elegan, anggun, dan tradisional, tetapi tidak retro.

Strip sill-trim berpenampang konstan yang sederhana miring ke atas ke arah belakang, hampir tanpa terasa. Keanggunan yang bersahaja.

Bertone menggunakan velg Jaguar produksi, menempatkan penekanan desain total pada postur dan proporsi daripada detail yang mungkin mengalihkan perhatian dari keseluruhan presentasi.

(Visited 11 times, 1 visits today)