Motor Konsep Berbahan Bakar Hidrogen

0
561

New Delhi – Di tengah makin menipisnya cadangan minyak bumi, pencarian energi alternatif terus dilakukan, termasuk di India. Produsen motor asal negeri itu baru saja memperlihatkan motor konsep berbahan bakar hidrogen.

Dilansir dari motorcycle, produsen itu adalah Hero MotoCorp. Hero di ajang Auto Expo di New Delhi yang saat ini tengah digelar memperlihatkan Hero iON, sebuah motor berbahan bakar hidrogen yang disandingkan dengan baterai lithium-ion.

Secara teori, teknologi ‘lithium-air’ yang diusung motor ini menawarkan kepadatang energi beberapa kali lebih tinggi dari lithium-ion konvensional yang digunakan oleh sebagian besar kendaraan listrik.

Sebab baterai ‘lithium-air’ akan menggunakan oksigen dari lingkungan sekitar sebagai oksidan katoda bukannya malah memiliki oksidator intern. Teknologi ini menurut Hero akan terus dikembangkan.

Kembali ke Hero iON, tampilan motor ini sangatlah kontroversional dan futuristik karena kedua kakinya sudah tidak lagi menggunakan pelek konvensional baik itu pelek jari-jari maupun pelek palang.

Untuk menunjang pelek nyeleneh tersebut, Hero memberikan suspensi M-link yang bisa meredam berbagai kondisi jalan yang berbeda saat si pengendara menggunakan motor ini.

Motor yang tidak lagi menggunakan stang biasa ini juga bisa terhubung dengan helm canggih yang visor-nya mampu menampilkan kondisi dan situasi sekitar lewat beberapa kamera yang ditempatkan di beberapa titik motor ini.

(Visited 46 times, 1 visits today)