Museum Yasser Arafat Diresmikan Menjelang Peringatan Kematian Pemimpin Palestina

0
347
Museum Yasser Arafat Diresmikan Menjelang Peringatan Kematian Pemimpin Palestina
Museum Yasser Arafat Diresmikan Menjelang Peringatan Kematian Pemimpin Palestina

Indolah.com – Sebuah museum yang didedikasikan untuk mendiang Yasser Arafat. Museum Yasser Arafat Diresmikan Menjelang Peringatan Kematian Pemimpin Palestina.

Presiden Palestina, Mahmud Abbas secara resmi akan membuka Museum Yasser Arafat yang terletak di samping makam Arafat di kota Ramallah, Tepi Barat pada Rabu, 9 November.

Baca Juga >>> Dua Orang WNI Kembali Diculik Di Perairan Sabah Malaysia

Museum yang bernilai sekitar US$ 7 juta tersebut, merupakan museum sejenis pertama yang didedikasikan untuk Arafat.

Pembukaan museum ini dilakukan dua hari sebelum bangsa Palestina memperingati 12 tahun wafatnya Arafat. Figur besar Palestina itu meninggal di sebuah rumah sakit di dekat Paris, Prancis pada 11 November 2004.

Museum Arafat ini akan memamerkan berbagai barang milik Arafat, termasuk kaca mata hitam terkenal yang dikenakannya saat menghadiri sidang PBB pada tahun 1974.

Museum interaktif tersebut juga akan menampilkan video dan foto momen-momen penting dalam sejarah Palestina, yang sebagian berasal dari koleksi pribadi Arafat.

Di museum ini, pengunjung juga bisa melihat ruangan tempat Arafat bersembunyi setelah tank-tank tempur Israel mengepung markas besarnya selama intifada Palestina yang kedua.

“Orang-orang akan mendapat kesempatan melihat peninggalan Yasser Arafat dan sejarah sebagai seorang pribadi dan seorang pemimpin politik,” kata direktur museum Mohammad Halayqa, seraya mengatakan penyelesaian proyek museum ini telah memakan waktu bertahun-tahun. “Mereka juga akan melihat peristiwa-peristiwa utama yang dialami Palestina dalam 100 tahun terakhir,” imbuhnya.

(Visited 61 times, 1 visits today)