Nikki Haley Duta Besar AS untuk PBB Mengundurkan Diri

0
76
Nikki Haley Duta Besar AS untuk PBB Mengundurkan Diri
Nikki Haley Duta Besar AS untuk PBB Mengundurkan Diri

Indolah.com – Nikki Haley Duta Besar AS untuk PBB Mengundurkan Diri, Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley, menyerahkan surat pengunduran diri pada Presiden Donald Trump pada Selasa (9/10).

Menerima kedatangan Haley di Oval Office, Trump menyampaikan jika mantan Gubernur South Carolina itu telah menjalankan “tugas dengan fantastis.”

Trump menyampaikan jika Haley sebetulnya telah mengungkapkan kemauannya untuk berhenti semenjak beberapa bulan kemarin.

“Ia memberitahu saya sekitar enam bulan kemarin. ‘Saya ingin beristirahat sejenak,'” kata Trump yang lalu menuturkan jika Haley akan mulai berhenti bekerja di PBB di akhir tahun ini.

Selain itu, Haley cuma tersenyum serta benar-benar tidak memaparkan alasannya berhenti. Dia cuma menyampaikan jika “terpenting untuk tahu kapan saatnya menyingkir.”

Baca Juga : Prajurit TNI Ikut Jaga Aksi Massa Kawal Amien Rais di Polda Metro

Walau tidak mengungkap rencananya ke depan, Haley pastikan tidak akan mencalonkan diri menjadi presiden menantang Trump pada pemilu 2020 yang akan datang.

Haley memang sudah sempat digadang-gadang jadi salah satu calon presiden untuk Partai Republik menjadi pilihan sosok yang lebih moderat.

Semenjak awal, penunjukan Haley menjadi Dubes AS untuk PBB sudah mengagetkan publik mengingat mantan Gubernur South Carolina itu diketahui begitu kritis pada Trump selama saat kampanye, terpenting tentang imigran.

Nama Haley mulai jadi sorotan publik sesudah tragedi besar yang berlangsung di wilayah pimpinannya pada 17 Juni 2015, ketika sembilan warga kulit hitam meninggal ditembak di gereja.

Waktu itu, Haley memberi tanggapan yang begitu keras sampai pada akhirnya dia akan memutus untuk turunkan bendera Konfederasi Amerika dari gedung parlemen South Carolina.

Pada saat Perang Sipil, bendera itu dikibarkan oleh pasukan Konfederasi pro-perbudakan serta dipandang seperti lambang rasisme.

Sikap Haley ini membuatnya memetik pujian dari banyak pihak, termasuk juga kedua tim Partai Republik dan Partai Demokrat.

Walau sering berselisih paham dengan Trump selama saat kampanye, putri imigran India ini masih kerja dengan profesional di PBB.

Haley mulai tunjukkan tingkah tidak baik semenjak beberapa waktu lalu, saat dia menceritakan pada Reuters tentang pekerjaannya untuk melindungi kepentingan AS di PBB.

“Sehari-hari saya terasa mesti menggunakan pelindung tubuh dari senjata,” tuturnya.

(Visited 14 times, 1 visits today)