Pangkalpinang Menjadi Tuan Rumah Balapan Motocross Terbaik Dunia

0
951
Pangkalpinang Menjadi Tuan Rumah Balapan Motocross Terbaik Dunia
Pangkalpinang Menjadi Tuan Rumah Balapan Motocross Terbaik Dunia

Indolah.com – Sebelum MotoGP datang, Indonesia akan lebih dulu menggelar MXGP. Pangkalpinang Menjadi Tuan Rumah Balapan Motocross Terbaik Dunia di akhir pekan ini.

MXGP adalah event balap motocross paling elit di dunia. Sama seperti MotoGP, event ini juga berada di bawah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme). Seri dunia motocross ini sudah berusia cukup tua, pertama digelar pada 1957 silam.

Baca Juga >>> Akhirnya McLaren Honda Resmi Merilis Mobil Baru Untuk F1 2017

Seperti apa balapan MXGP? Bagaimana sistem penilaiannya? Mesin apa yang digunakan dan berapa kapasitasnya?

MESIN

Seperti halnya MotoGP, seri MXGP juga dibagi dalam beberapa kelas berbeda. Pada pertengahan dekade lalu event ini dibagi dalam dua kelas yakni MX1 dan MX2. Namun pada 2014 FIM memutuskan untuk melakukan perubahan: MX1 diubah menjadi MXGP, sementara MX2 bertahan dengan nama yang sama.

Apa perbedaannya?

MXGP menggunakan mesin dua langkah berkapasitas 250cc hingga mesin empat langkah berkapasitas 450cc. Sementara kelas MX2 diperuntukkan bagi mesin dua langkah 125cc hingga mesin empat langkah 250cc.

SERI

Untuk musim 2017 ini MXGP terdiri 19 seri. Balapan pertama digelar di Qatar pada 25 Februari lalu, yang dilanjutkan dengan seri kedua pada 5 Maret mendatang di Indonesia (Pangkalpinang).

Musim balap akan ditutup di Prancis pada 17 September mendatang. Sama seperti Moto2 pada MotoGP, MX2 pun mengikuti jadwal MXGP. Yang menarik, Qatar dan Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia yang jadi tuan rumah seri balapan ini.

BALAPAN

Balapan umumnya dilangsungkan hari minggu, sementara sesi latihan dan kualifikasi dihelat sabtu. Sesi kualifikasi akan menentukan berada di posisi mana pebalap akan berada.

Berbeda dengan MotoGP, balapan motocross menempatkan seluruh kontestan pada garis start sejajar. Pebalap yang mendapat hasil terbaik di kualifikasi berhak memilih di sisi (gate) mana akan memulai balapan.

Pebalap posisi dua terbaik kualifikasi akan berada di sampingnya, pebalap tercepat ketiga ditempatkan di samping posisi dua. Begitu terus begitu sampai pemilik catatan waktu terburuk akan berada di sisi start yang berbeda dengan pemilik pole position.

POIN DAN PENENTUAN PEMENANG

Pebalap yang memenangi balapan akan mendapat 25 poin. Pebalap di posisi dua dan selanjutnya akan berturut-turut mengantongi 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan 1 poin.

Karena setiap seri terdiri dari dua race, maka satu pebalap bisa mendapat nilai maksimal 50 (dengan asumsi dia menang di kedua race).

Pebalap dengan poin terbanyak di akhir musim akan dikukuhkan sebagai juara dunia.

MESIN ATAU ORANG?

Dibanding ajang balap motor lainnya, motocross diklaim sebagai event yang paling banyak menuntut kondisi fisik dan skill pebalap. Kondisi trek dengan segala tantangannya menuntut banyak hal dari setiap rider.

Tentu saja, mesin yang disetting sempurna dan sesuai dengan gaya setiap rider, handling yang oke, serta suspensi juga punya peran sangat penting. Namun bagian paling vital berada pada teknik, kondisi fisik, serta kondisi psikologi dan kekuatan mental pebalap.

MOTOR DAN PABRIKAN

Pabrikan-pabrikan motor top dunia banyak yang berpartisipasi di ajang MXGP ini. Ada KTM, Kawasaki, Husqvarna, Suzuki, serta Honda dan Yamaha.

(Visited 204 times, 1 visits today)