Paus Fransiskus Didesak Mundur Terkait Skandal Pelecehan Seksual

0
218
Paus Fransiskus Didesak Mundur Terkait Skandal Pelecehan Seksual
Paus Fransiskus Didesak Mundur Terkait Skandal Pelecehan Seksual

Indolah.com – Paus Fransiskus Didesak Mundur Terkait Skandal Pelecehan Seksual, Paus Fransiskus menolak memberi komentar masalah seruan pengunduran dirinya berkaitan masalah pelecehan seksual di lingkungan Gereja Katolik yang ramai terungkap akhir-akhir ini.

Seruan supaya Paus Fransiskus mundur itu dilontarkan mantan Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat, yang mengatakan Paus Fransiskus sudah terima laporan darinya pada 2013 berkaitan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Kardinal AS akan tetapi Paus tidak lakukan tindakan.

“Saya tidak akan menyampaikan apapun berkaitan itu. Menurut saya komunike (tuduhan) itu sudah bicara sendiri,” kata Paus Fransiskus waktu ditanyai wartawan diatas pesawat yang membawanya kembali ke Vatikan selesai kunjungan ke Dublin, Irlandia, Minggu (26/8).

Dalam pengakuan yang diterbitkan National Catholic Register, mantan Dubes Vatikan untuk Washington, Uskup Carlo Maria Vigano mengatakan dia sudah memberi tahu Paus Fransiskus pada 2013. Tetapi laporan Vigano direspons dengan mencabut sangsi yang dijatuhkan pada Kardinal AS Theodore McCarrick oleh Paus Benediktus, paus sebelum Fransiskus.

“Dia (Paus Fransiskus) tahu semenjak 23 Juni 2013 jika McCarrick ialah predator serial,” catat Vigano. “Dia (Fransiskus) tahu jika dia (McCarrick) ialah orang yang korup, dia menutupinya sampai akhir.”

Baca Juga : ISIS Culik Dan Sandera Lebih Dari 27 Orang di Suriah

Pada Agustus lantas Pengadilan Penssylvania melaunching pendapat pelecehan seksual yang dikerjakan seputar 300 pastor pada lebih dari 1.000 anak saat 70 tahun paling akhir. Menurut laporan itu, momen pelecehan seksual tidak tersingkap karena pihak gereja menutup-nutupinya dengan sistematis.

Kardinal McCarrick, bekas Uskup Agung AS juga mengundurkan diri di dalam dakwaan itu.

Mengenai pengakuan Vigano selama 11 halaman menuding beberapa petinggi Vatikan serta Gereja Katolik AS menutup-nutupi masalah McCarrick.

Dalam bhs yang blak-blakan, Vigano mengatakan usaha Gereja menutup-nutupi masalah itu, serupa dengan ‘konspirasi mafia’.

“Paus Fransiskus berkali-kali memohon supaya gereja transparan,” catat Vigano. “Dalam peristiwa yang menegangkan buat gereja universal, dia mesti mengaku kesalahannya serta sama dengan prinsip tiada toleransi, Paus Fransiskus mesti jadi contoh buat beberapa kardinal serta uskup yang menutup-nutupi pelecehan yang dikerjakan McCarrick serta mundur dengan mereka,” catat Vigano.

Dalam pesawat sekembalinya dari Dublin, Irlandia, Paus Fransiskus menampik menyikapi dengan mengatakan jika dakwaan itu sudah bicara dengan ssendirinya.

“Saya membaca komunike itu pagi hari ini,” kata Paus Fransiskus seperti dikutip kantor berita AFP.

“Baca komunike itu dengan cermat serta buat penilaian sendiri,” kata Paus pada beberapa wartawan. “Anda miliki kemampuan jurnalistik untuk menyimpulkan.”

“Waktu waktu berlalu serta Anda sudah menyimpulkan, mungkin saya akan bicara,” kata Paus Fransiskus memberikan.

Pada misa di Irlandia, Paus Fransiskus ‘memohon pengampunan Tuhan’ berkaitan dakwaan skandal pelecehan seksual yang menyertakan beberapa ratus pastornya serta lebih dari seribu korban itu.

(Visited 32 times, 1 visits today)