Pembantaian Buaya di Papua Jadi Sorotan Media Asing

0
345
Pembantaian Buaya di Papua Jadi Sorotan Media Asing
Pembantaian Buaya di Papua Jadi Sorotan Media Asing

Indolah.com – Pembantaian Buaya di Papua Jadi Sorotan Media Asing, Pembantaian pada 200an ekor buaya di Sorong Papua mendapatkan sorotan dari media Asing diantaranya NHK, AFP Japan dan media lainnya.

“Buaya yang sudah sempat membunuh seseorang warga setempat di Papua bikin orang-orang setempat geram serta membunuh sekitar 300 ekor buaya dan sekarang mendapatkan keprihatinan mendalam dari badan pelestarian alam setempat,” papar NHK, Senin (16/7/2018).

Peristiwa pembantaian 292 ekor buaya berlangsung pada Sabtu (14/7/2018).

Massa menaklukkan buaya sesudah seseorang warga bernama Sugito meninggal dimangsa buaya saat mencari rumput di sekitar area penangkaran buaya, pada Jumat (13/7/2018).

Dari 292 ekor buaya, dua ekor salah satunya punya pemerintah serta 290 ekor yang lain ialah aset pemegang izin, PT Mitra Lestari Abadi.

“Seseorang pegawai dengar seorang berteriak minta tolong. Dia secara cepat pergi serta melihat buaya itu menyerang. Orang itu meninggal dan warga datang ke penangkaran serta membunuh semua buaya,” papar Kepala Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) di Papua Barat, Basar Manullang.

Baca Juga : Jutaan Warga Prancis Rayakan Kemenangan di Piala Dunia

Sesudah pemakaman warga pada 14 Juli, beberapa ratus masyarakat desa menyerang tempat buaya dengan tongkat, pisau serta yang lain untuk menaklukkan mereka.

Dari 292 buaya yang dibunuh ada yang sekitar dua meter panjang tubuhnya.

“Ada pula warga lokal yang bikin video menunjukkan bagaimanakah tindakan pembunuhan serta mengerek buaya dengan tali,” tambah NHK.

Ada buaya yang berada dalam tempat perlindungan dan izin dari pemerintah.

Otoritas perlindungan satwa lokal setempat mengutuk hal tersebut .

“Polisi setempat juga tengah mengecek pertanggungjawaban serta lakukan investigasi tindakan kriminal,” lapor NHK.

(Visited 56 times, 1 visits today)