Pemerintah China Makin Tegas Membela Chief Financial Officer Huawei

0
134
Pemerintah China Makin Tegas Membela Chief Financial Officer Huawei
Pemerintah China Makin Tegas Membela Chief Financial Officer Huawei

Indolah.com – Pemerintah China Makin Tegas Membela Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, yang ditangkap Kanada atas permintaan Amerika Serikat (AS).

Pemerintah China mengancam Kanada akan mendapatkan konsekuensi yang serius jika tidak segera melepaskan Meng. Wakil Menteri Luar Negeri China, Le Yucheng, telah melayangkan protes keras pada duta besar Kanada di Beijing.

Baca Juga >>> China Ancam Sanksi Keras Kanada Jika Tak Segera Bebaskan Bos Huawei

“China dengan tegas meminta pihak Kanada untuk segera melepas orang yang ditangkap ini dan melindungi hak-haknya, jika tidak maka Kanada harus menerima tanggung jawab penuh untuk konsekuensi serius yang ditimbulkan,” ancam Le yang dikutip detikINET dari National Post.

Tidak dijelaskan konsekuensi serius seperti apa yang akan dilakukan China pada Kanada jika Meng tak juga dilepas, bahkan diekstradisi ke AS. Pastinya, hubungan antara China dan Kanada memanas jika pihak Kanada tidak menuruti keinginan dai pemerintah China saat ini.

“Pihak China meminta mereka segera memperbaiki kesalahan dan memulihkan kemerdekaan pribadi Meng Wanzhou,” demikian pernyataan Kedubes China di Kanada.

Wanzhou ditangkap dan menghadapi ancaman ekstradisi ke AS karena dituding ikut berkonspirasi menipu institusi perbankan AS demi melakukan bisnis dengan Iran yang diembargo AS. Pemerintah AS punya surat perintah penangkapan Wanzhou yang dikeluarkan pengadilan New York pada 22 Agustus.

Mereka punya waktu 60 hari sejak Wanzhou ditangkap untuk memberikan bukti ke pengadilan Kanada agar bisa mengekstradisi anak pendiri Huawei Ren Zhengfei itu ke AS.

(Visited 16 times, 1 visits today)