Pengawal Mobil Kim Jong-Un di Korse Jadi Perhatian Dunia

0
88
Pengawal Mobil Kim Jong-Un di Korse Jadi Perhatian Dunia
Pengawal Mobil Kim Jong-Un di Korse Jadi Perhatian Dunia

Indolah.com, Seoul – Pengawal Mobil Kim Jong-Un di Korse Jadi Perhatian Dunia, Ada yang menyita perhatian saat Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un datang ke Panmunjom untuk melawat ke Korea Selatan, Jumat (27/4) kemarin. Para pengawal Jong-Un berlari membentengi mobil Jong-Un.

Mata dunia memandang cara pengawalan ini sebagai hal yang aneh. Ada mobil melaju yang dikawal selusin orang dengan berlari.

Baca Juga: Heboh Jenazah Saddam Hussein Terlihat Masih Utuh, Begini Faktanya

Pengawal Mobil Kim Jong-Un di Korse Jadi Perhatian Dunia

Hingga Sabtu (28/4/2018), banyak media yang memberitakan soal itu. Time memberi judul “Kim Jong-Un Bawa 12 Bodyguard yang Berderap di Sekeliling Limo-nya Saat Pertemuan dengan Korea Selatan”

The Sun memberitakan “Sepasukan Bodyguard Korea Utara Bersetelan Jas Berlari Di sisi Mobil Kim Jong-Un saat Melintasi Perbatasan untuk Dialog”. Media Inggris, Independent, menuliskan “Mobil Resmi Kim Jong-Un Diapit 12 Bodyguards yang Berlari Membentuk Formasi”.

Time, The Sun, dan Standard menggunakan kata sifat “bizarre” alias “aneh” untuk menjelaskan cara pengawalan mobil Jong-Un ini. 12 Orang berlari secara sejajar, seperti menggembalakan mobil Jong Un.

Autoevolution, media otomotif, menyebut mobil itu adalah limo Mercedes S-Class. Awak redaksi Autoevolution mengaku cekikikan melihat video pengawalan ini, karena ini seperti kawanan angsa.

Media ini mempertanyakan, bukankah mobil sekelas itu pasti antipeluru? Kemungkinan memang antipeluru dan Kim Jong-Un bakal aman di dalamnya. Tapi para pengawal tetap membentengi mobil itu. Pertanyaan selanjutnya, apakah para pengawal Jong-Un itu bakal menangkap peluru yang mengarah ke mobil itu supaya cat mobil itu tak mengelupas?

Para pengawal itu adalah bagian dari Komando Pengawal, unit militer yang bertugas memastikan keselamatan pemimpin Korut, yang merupakan institusi elite yang dekat dengan penguasa Korut. Personelnya dipilih Jong-Un secara cermat berdasarkan kebugaran, keahlian menembak, ilmu beladiri, dan penampilan.

Pembelot dari Korut, Ri Yong Guk, menjelaskan ada enam lapis pengawal keamanan berbeda yang bertugas melindungi pemimpin Korut dalam kunjungan-kunjungan. Pengawalan ini sangat ketat.

“Semut pun sulit untuk menembusnya,” ujar Ri Yong Guk yang pernah menangani detail keamanan untuk mantan pemimpin Korut, Kim Jong Il.

(Visited 1,785 times, 1 visits today)