Plastik Kresek Berwarna Dilarang untuk Bungkus Daging Kurban

0
100
Plastik Kresek Berwarna Dilarang untuk Bungkus Daging Kurban
Plastik Kresek Berwarna Dilarang untuk Bungkus Daging Kurban

Indolah.com – Plastik Kresek Berwarna Dilarang untuk Bungkus Daging Kurban, Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar, Sulawesi Selatan mengimbau pada semua panitia penyelenggara hewan kurban untuk tidak memakai kantong plastik kresek berwarna untuk membungkus daging sembelihan Idul Adha 1439 Hjiriah.

“Karena, kresek berwarna miliki banyak kandungan kimia yang tidak baik untuk tubuh,” tutur Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar Abdul Rahman Bando, Sabtu (11/8/2018).

Dia memberikan contoh, plastik berwarna hitam adalah polimer yang tercipta dari monomer-monomer atau bahan pembentuk plastik salah satunya silikon, polietelin, dan senyawa dioksin. Semua bahan itu beresiko buat manusia.

“Karena itu, kami meminta pada semua petugas atau panitia penyelenggara hewan kurban supaya hindari membungkus daging sembelihannya dengan kantong plastik berwarna karena tidak baik buat tubuh,” imbuhnya.

Selanjutnya, Rahman menyampaikan kresek akan tidak beresiko buat manusia bila semua kandungan itu masih juga dalam bentuk aslinya serta belumlah terurai.

Baca Juga : Calon Suami Putri Mako Jepang Diminta Lunasi Hutang Sebelum Menikah

Kantong kresek juga akan tidak beresiko bilamana plastik hitam sekedar hanya untuk pembungkus wadah barang rumah tangga, atau bahan makanan mentah yang masih tetap mempunyai kulit.

Akan tetapi, perlu di kuatirkan bila kresek ini digunakan untuk bungkus makanan yang siap saji atau bahan makanan tanpa pelindung.

“Kantong kresek berwarna bagus untuk membungkus semua beberapa barang tetapi untuk tidak makanan siap saji yang tidak mempunyai kulit seperti daging serta yang lain,” katanya.

Pada Idul Adha 2018 ini, Rahman Bando mengimbau pada panitia penyelenggara kurban supaya lebih memerhatikan proses penyembelian hewan kurban yang sama dengan ajaran agama Islam.

“Panitia mesti lihat syariat Islam. Banyak adab-adab yang perlu dilihat janganlah asal potong saja termasuk juga pendistribusian daging mesti pas sasaran ke penduduk yang betul-betul memiliki hak terima,” katanya.

(Visited 22 times, 1 visits today)