PM Australia Tuding Negara Asing Meretas Parlemen dan Parpol

0
149
PM Australia Tuding Negara Asing Meretas Parlemen dan Parpol
PM Australia Tuding Negara Asing Meretas Parlemen dan Parpol

Indolah.com – PM Australia Tuding Negara Asing Meretas Parlemen dan Parpol, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, menuding “satu negara canggih” meretas sistem komputer partai-partai politik penting serta parlemen negaranya.

Morrison menjelaskan sejumlah anggota parlemen “pun menyadari jika jaringan beberapa parpol utama seperti Partai Liberal, Partai Buruh, serta Partai Nasional ikut juga terpengaruh” peretasan.

“Pakar siber kami yakini satu aktor negara yang mutakhir bertanggungjawab atas kegiatan jahat ini. Agen keamanan kami sudah menjumpai kegiatan ini serta lakukan tindakan tegas untuk meresponsnya,” kata Morrison pada wartawan di Sydney pada Minggu (17/2).

Akan tetapi, Morrison tidak menyebutkan dengan spesifik negara yang dia tuduh meretas skema computer pemerintahannya itu.

Awal bulan ini, aparat Australia memberikan laporan “insiden keamanan berlangsung pada jaringan computer parlemen” yang memaksa pemakai, termasuk juga PM serta kabinet, merubah kata sandi account mereka serta ambil beberapa aksi keamanan yang lain.

The Australian Signals Directorate mengonfirmasi pihaknya tengah bekerjasama dengan parlemen dalam menanggapi serangan itu. Tubuh itu memberi tanda-tanda kuat jika “aktor-aktor mutakhir” ada dibalik serangan itu.

Baca Juga : Prabowo Tak Paham Unicorn, TKN Jokowi Paparkan Risikonya

Beberapa pihak berspekulasi jika China sebagai otak serangan siber itu. Walau demikian, sampai sekarang ini tidak ada petinggi Australia yang dengan sah menuding Beijing berkaitan insiden itu.

Insiden ini berlangsung beberapa minggu mendekati penentuan umum federal berjalan pada Mei yang akan datang. Pendapat peretasan ini juga makin tingkatkan kecemasan jika beberapa hackers berusaha memengaruhi pengambilan suara.

Akan tetapi, Morrison menjelaskan selama ini “tidak ada bukti terlibat asing dalam pemilu.”

“Kami sudah lakukan beberapa langkah untuk pastikan jujur dan berkarakter kuat skema penentuan kami,” tuturnya seperti diambil AFP.

Morrison menjelaskan Pusat Keamanan Dunia Maya Australia siap menolong parpol serta instansi penentuan yang lain yang memerlukan pertolongan berkaitan pengamanan skema.

“Mereka sudah memberikan pengarahan pada Komisi Pemilu serta mereka yang bertanggungjawab atas keamanan siber semua negara sisi serta lokasi yang lain di Australia,” katanya.

(Visited 17 times, 1 visits today)