Polisi Tilang Manual Pengemudi Berpelat Dinas Palsu di Bundaran HI

0
70
Polisi Tilang Manual Pengemudi Berpelat Dinas Palsu di Bundaran HI
Polisi Tilang Manual Pengemudi Berpelat Dinas Palsu di Bundaran HI

Indolah.com – Polisi Tilang Manual Pengemudi Berpelat Dinas Palsu di Bundaran HI, Kasat Penegakan dan Pengaturan (Gatur) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Agung Permana membenarkan, pihaknya telah melakukan tilang manual seorang pengemudi mobil akibat menggunakan pelat dinas palsu. Diketahui, insiden tersebut terjadi pagi hari ini di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta.

“Kita tilang manual,” kata Agung Permana saat dihubungi, Jumat (16/12/2022).

Agung menyebut, anggotanya melihat kecurigaan terhadap pelat mobil terkait saat melintas kawasan Bundaran HI. Mobil tersebut lalu diberhentikan dan diperiksa kelengkapan surat administrasinya. Faktanya, pelat bernomor B 1026 PDF tidak terdaftar sebagai kendaraan dinas alias bodong.

“TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor)-nya tidak sesuai peruntukan,” ujar Agung.

Agung memastikan, pelaku terjerat pelanggaran pemalsuan surat TNKB. Pelaku pun langsung terkena jerat pidana tilang di tempat dan bukan elektronik atau E Tle.

“Jadi yang ditilang manual itu terkait pemalsuan surat-surat, TNKB, berkendara ugal-ugalan dan balap liar,” tegas Agung.

Alasan Gunakan Pelat Dinas Bodong

Menurut pengakuan pelaku, pelat dinas bodong digunakan lantaran ingin menghindari kebijakan ganjil genap. Pelaku mengganti pelat aslinya yang bernomor B 1891 dengan susuan angka genap sesuai tanggal hari ini, 16 Desember 2022.

Tindakan terhadap pengemudi adalah sanksi Pasal 287 ayat (1) dan Pasal 280. Polisi menyita seluruh plat kendaraan pelaku untuk proses hukum lebih lanjut.

Tak Terima Ditegur, Pemulung Tusuk Satpol PP di Pasar Rebo

Ilustrasi garis polisi pembunuhan (Merdeka.com/ Ronald)

Kapolsek Pasar Rebo, Kompol Agung Ardiansyah, membenarkan seorang anggota Satpol PP bernama Norman ditusuk oleh seorang pemulung di kawasan Pasar Rebo Jakarta. Menurut keterangan saksi, Norman ditusuk usai menertibkan pelaku yang tengah duduk di pinggir jalan.

“Pelaku pemulung ini sedang duduk di pinggir jalan sambil membawa karung dan pisau yg terselip di pinggang kanan. Saksi dan korban turun dari motor lalu menghampiri pelaku dan menegur untuk tidak berada duduk pinggir kalan di atas saluran air,” kata Agung saat dihubungi, Jumat (16/12/2022).

Agung melanjutkan, insiden penusukan terjadi kemarin, Kamis (15/12) pada pukul pukul 10.30 WIB. Menurut keterangan saksi, korban tengah menjalankan tugas. Namun korban yang sedang duduk bersantai merasa tidak terima dan menusuknya.

“Korban memberitahu (jangan duduk di pinggir jalan), pelaku meminta korban mendekat lalu ditusuk,” jelas Agung.

Saksi melihat, lanjut Agung, pisau ditaruh di samping saku celana pelaku. Usai menusuk korban, pelaku langsung melarikan diri.

“Tiba-tiba pelaku berdiri lalu mengeluarkan pisau yang berada di pinggang sebelah kanan sambil mengayunkan pisau tersebut,” ungkap Agung.

Pelaku Diringkus

Agung memastikan, tusukan pisau pelaku tidak mengenai organ vital korban. Korban juga sempat membela diri. Selain itu, berkat bantuan dari warga sekitar, pelaku berhasil diringkus dan dibawa ke kantor polisi.

Agung menyatakan, Saat ini pelaku masih di kantor polisi untuk diintrogasi. Polisi tengah mendalami motif perbuatan pelaku.

“Pelaku berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Pasar Rebo untuk dimintai keterangan. Jadi saat ini masih berada di Polsek Pasar Rebo. Motif penusukan masih diselidiki penyidik,” Agung menutup.

(Visited 15 times, 1 visits today)