Polisi Ungkap Cara Pembuatan Vaksin Palsu Untuk Bayi

0
1112
Polisi Ungkap Cara Pembuatan Vaksin Palsu Untuk Bayi
Polisi Ungkap Cara Pembuatan Vaksin Palsu Untuk Bayi

Indolah.com – Polisi Ungkap Cara Pembuatan Vaksin Palsu Untuk Bayi,  Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus menjelaskan cara pembuatan vaksin palsu bayi yang baru saja diungkap oleh Bareskrim Polri.

Pembuatan vaksin, tempat pembuatannya adalah di rumah biasa. Sisi higienis kesehatan sangat tidak memenuhi standar dalam memproduksi vaksin,” kata Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya, di Bareskrim Polri.

Dia lantas menjelaskan bahan dasar pembuatan vaksin ini adalah cairan infus yang ditambah dengan vaksin tetanus.

Baca JugaTak Senang Kawannya Dicium, Geng Motor Bogor Serang Warga Depok

“Bahan dasar, dilakukan injeksi ke dalam botol. Mereka masukan dengan cara disuntikkan. Zat yang disuntikkan, air infus ditambah vaksin tetanus. Satu kotak vaksin tetanus seharga Rp150 ribu, bisa dijadikan ratusan ampul vaksin hepatitis,” ucapnya.

“Dia campurkan dan masukan ke dalam sesuatu yang tidak sesuai aturannya. Untuk menyempurnakan diperlukan alat ini (alat press) dan dikemas jadi barang (vaksin),” lanjut Agung.

Adapun barang bukti vaksin palsu yang ditemukan yakni 195 sachet Hepatitis B, 221 botol Vaksi Pediacel, 364 Vial atau botol pelarut vaksin campak kering, 81 sachet vaksin penetes polio, 55 vaksin anti-Sanke dalam vaksin, bahan baku atau sarana untuk membuat vaksin, alat untuk menutup botol vaksin, dan vaksin palsu lainnya.

(Visited 104 times, 1 visits today)