Presiden Jokowi Pilih KSAU Marsekal Hadi Jadi Calon Panglima TNI

0
37
Presiden Jokowi Pilih KSAU Marsekal Hadi Jadi Calon Panglima TNI
Presiden Jokowi Pilih KSAU Marsekal Hadi Jadi Calon Panglima TNI

Indolah.com – Presiden Jokowi Pilih KSAU Marsekal Hadi Jadi Calon Panglima TNI, Presiden Joko Widodo resmi mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun.

Surat pengajuan tersebut diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Wakil Ketua DPR Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Fadli Zon, Senin (4/12/2017) pagi. Adapun Pratikno meninggalkan gedung DPR sekitar pukul 08.50.

Presiden Jokowi Pilih KSAU Marsekal Hadi Jadi Calon Panglima TNI

“Saya menerima Mensesneg Pratikno, yang menyampaikan surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo,” ujar Wakil Ketua DPR Fadli Zon setelah menerima Pratikno di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2017).

“Pergantian kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI yang baru. Hanya satu nama (tunggal) yang tadi disampaikan,” imbuhnya.

Baca Juga : Geng Rawa Lele 212 Keroyok Dua Anggota Polisi, 10 Orang Diamankan

Selanjutnya, surat akan dibahas dalam rapat pimpinan DPR yang menurut rencana digelar Senin siang. Sesuai mekanisme, surat akan terlebih dahulu dibahas dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk mengagendakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh komisi terkait, yakni Komisi I.

Politisi Partai Gerindra itu berharap proses dapat diselesaikan sebelum DPR memasuki masa reses pada 13 Desember 2017. Keinginan untuk segera memproses pergantian tersebut juga disampaikan Presiden melalui surat tersebut.

“Dalam surat juga disampaikan keinginan untuk bisa diproses dalam waktu yang tidak lama,” katanya.

Seperti diketahui, Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Presiden Jokowi mengirimkan nama calon pengganti Jenderal Gatot sebagai Panglima TNI untuk diuji oleh DPR.

(Visited 14 times, 1 visits today)