Presiden Palestina Yakin Perdamaian dengan Israel Akan Tercapai

0
457
Presiden Palestina Yakin Perdamaian dengan Israel Akan Tercapai
Presiden Palestina Yakin Perdamaian dengan Israel Akan Tercapai

Indolah.comPresiden Palestina Yakin Perdamaian dengan Israel Akan Tercapai, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menanggapi pidato Sekretaris Amerika Serikat (AS) John Kerry terkait situasi di Timur Tengah. Abbas yakin perdamaian dengan Israel akan tercapai.

Meski begitu, Abbas tetap menuntut pembangunan permukiman Israel harus berhenti sebelum perundingan dimulai seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/12/2016).

Kepala perunding Palestina Saeb Erekat membacakan pernyataan yang mengatakan Abbas menegaskan kembali komitmen penuh untuk perdamaian yang adil sebagai pilihan strategis. Pembicaraan damai antara Israel dan Palestina yang didukung oleh AS kandas pada tahun 2014.

Baca Juga : Gedung Pemerintah di China Jadi Sasaran Teroris, 5 Orang dinyatakan Tewas

“Di menit pemerintah Israel setuju untuk menghentikan semua kegiatan permukiman, termasuk di Yerusalem Timur, dan setuju untuk menerapkan kesepakatan yang ditandatangani, kepemimpinan Palestina siap untuk melanjutkan perundingan status permanen atas dasar hukum internasional,” kata Abbas dalam pernyataan yang dibacakan Erekat.

Sebelumnya, Dewan Keamanan (DK) PBB telah menelurkan resolusi yang mendesak Israel untuk menghentikan pembangunan pemukiman ilegal di wilayah pendudukan. Namun, Israel menegaskan tidak akan mematuhi resolusi tersebut.

Sebaliknya, Israel justru mempertimbangkan hubungan dengan PBB dan menghentikan sumbangan kepada sejumlah badan dan lembaga PBB. Israel juga memanggil pulang dubesnya di Selandia Baru serta Kongo.

(Visited 47 times, 1 visits today)