Produk Apple yang Tidak Diproduksi Lagi di 2022

0
39
Produk Apple yang Tidak Diproduksi Lagi di 2022
Produk Apple yang Tidak Diproduksi Lagi di 2022

Indolah.com, Jakarta – Banyak meluncurkan produk baru setiap tahunnya, Apple juga ‘membunuh’ sejumlah produknya secara perlahan. Apa saja?
Apple sendiri memiliki berbagai produk, mulai dari iPhone, iPad, Macbook, iPod hingga aksesori seperti Airpods dan Apple Watch. Setiap produk juga memiliki beberapa model atau varian yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pengguna.

Dilansir dari Macrumors, berikut daftar produk yang tak lagi diproduksi Apple sepanjang 2022:

iMac 27 inci

27-inch iMac gets a major update - Apple (IN)

Menyusul pengenalan Mac Studio dan Studio Display pada Maret, Apple menghentikan produksi iMac 27 inci. iMac 27 inci yang terakhir kali dirilis merupakan model iMac terakhir dengan prosesor Intel.

Dengan penghentian produksi iMac Pro tahun lalu, iMac 24 inci dengan chip M1 saat ini menjadi satu-satunya komputer desktop all-in-one yang dijual oleh Apple.

Meski demikian, pembocor produk-produk Apple seperti Mark Gurman dan Ming-Chi Kuo mengklaim iMac Pro dapat kembali pada 2023.

Baca juga: 6 Shortcuts Keyboard Mac Yang Harus Anda Ketahui

iPod touch

Review: iPod touch (2012) | AppleInsiderApple mengumumkan penghentian produksi iPod touch pada Mei, dan perangkat tersebut dihapus dari situs web Apple pada Juni. Sistem operasi terbaru Apple, iOS 16 tidak kompatibel dengan model iPod touch mana pun, menandai berakhirnya kompatibilitas perangkat lunak untuk pemutar musik portabel tersebut.

Pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2001, iPod adalah salah satu produk Apple yang paling ikonik.

Penghentian perangkat musik ini sangat tak terelakkan mengingat beragam produk Apple yang sekarang dapat memutar musik, termasuk iPhone, iPad, Apple Watch, HomePod mini, dan lagi. Generasi terakhir iPod touch sendiri diperkenalkan pada Mei 2019.

Apple Watch Edition

Apple Discontinues Gold Apple Watch Edition Models - MacRumors

Bersamaan dengan peluncuran Apple Watch Ultra baru dengan casing titanium pada bulan September, lini Apple Watch Edition dihentikan.

Model Apple Watch Edition telah tersedia sejak peluncuran Apple Watch pada 2015. Selama bertahun-tahun, model ini tampil beda dengan opsi material casing kelas atas seperti emas, keramik, dan titanium.

Apple Watch Ultra kini menjadi satu-satunya model yang menawarkan casing titanium, sedangkan model Hermès tetap tersedia sebagai opsi mewah.

Apple TV HD

Apple TV HD review (2021): Why is this still a $149 thing? - CNET

Menyusul peluncuran Apple TV 4K generasi ketiga pada Oktober, Apple kini menghentikan model Apple TV HD lama yang pertama kali diperkenalkan pada 2015.

Apple TV 4K baru mulai dari US$129 atau sekitar hampir Rp2 juta, sedangkan Apple TV HD dihargai $149 atau sekitar Rp2,3 juta sebelum dihentikan.

Apple TV HD awalnya diluncurkan sebagai Apple TV generasi keempat, tetapi kemudian berganti nama menjadi Apple TV HD. Apple TV HD merupakan perangkat streaming yang dibatasi pada kualitas video 1080p dan merupakan Apple TV pertama yang menampilkan tvOS, App Store, dan remote yang mendukung Siri.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga iPhone 14 Series di Indonesia

Adapter power 5W

Original 5W USB Power Adapter + Lightning USB Cable 2m for iPhone XR

Apple tampaknya telah menghentikan pengisi daya 5W untuk iPhone di Amerika Serikat (AS) sekitar bulan Agustus, karena adaptor daya telah terjual habis sejak saat itu.

Apple sebelumnya menyertakan pengisi daya 5W pada sejumlah perangkat, mulai dari iPhone 3G hingga iPhone 11.

Meskipun pengisi daya menerima beberapa revisi kecil selama bertahun-tahun, sebagian karena penarikan yang dilakukan Apple di negara tertentu.

Tidak seperti pengisi daya USB-C Apple yang lebih baru, pengisi daya 5W dilengkapi dengan port USB-A dan tidak mampu mengisi daya dengan cepat.

Perangkat pengisi daya baru mulai hadir untuk model iPhone 11 Pro, yakni pengisi daya USB-C 18W yang lebih cepat.

Tak lama, Apple berhenti menyertakan pengisi daya sama sekali dengan iPhone 12 dan yang lebih baru.

Baca Juga: iPhone 15 Pro Bakal Pakai RAM 8GB dan Port USB C

(Visited 7 times, 1 visits today)