Putra Mahkota Saudi Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Terlibat Korupsi

0
43
Putra Mahkota Saudi Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Terlibat Korupsi
Putra Mahkota Saudi Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Terlibat Korupsi

Indolah.com – Putra Mahkota Saudi Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Terlibat Korupsi, Komite Anti-Korupsi Arab Saudi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman menangkap 11 pangeran dan 4 menteri Arab Saudi atas dugaan terlibat korupsi.

Komite Anti-Korupsi yang dipimpin Mohamed bin Salman sang Putra Mahkota. ‘KPK Saudi’ ini melakukan aksi hanya beberapa jam pasca dibentuk.

Putra Mahkota Saudi Tangkap 11 Pangeran dan 4 Menteri Terlibat Korupsi

Dilansir dari Reuters, Minggu (5/11/2017), pembentukan komite anti korupsi itu diumumkan langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz pada Sabtu (5/11) kemarin. Disampaikan oleh Raja Salman bahwa komite itu dipimpin oleh bin Mohammed bin Salman sang putra Mahkota.

Baca Juga : Ayah dan Ibu Pesta Sabu Direkam Anaknya dan Dilaporkan ke Polisi

Komite tersebut membuat penangkapan pertamanya beberapa jam setelah dibuat. Sebanyak 11 pangeran dan 4 anggota kabinet Saudi ditangkap terkait dugaan korupsi maupun penyuapan.

Mohamed bin Salman merupakan Putra Mahkota yang baru berusia 32 tahun. Ia tampak sudah begitu dominan di kebijakan militer, hubungan asing, ekonomi, dan sosial Saudi.

Pemerintah Arab Saudi belum mengungkapkan nama-nama pangeran yang ditangkap. Hanya saja diketahui salah satunya adalah Alwaleed bin Talal, pangerang yang termasuk daftar orang terkaya dunia.

Jumlah pihak-pihak yang ditangkap itu masih mungkin bertambah. Penyelidik komite anti korupsi masih bergerak mencari pihak-pihak lain.

Korupsi yang diusut komisi korupsi itu salah satunya bencana banjir yang menewaskan 120 orang di kota Jeddah tahun 2009. Ada jutaan kerusakan properti.

Setelah penyelidikan luas, yang ditutup pada bulan Desember 2014, pengadilan Saudi menemukan bersalah atas 45 orang, termasuk pejabat senior. Mereka didakwa penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan dan dana publik, pencucian uang dan operasi bisnis ilegal.

(Visited 39 times, 1 visits today)