Rashida Tlaib Jadi Wanita Muslim Pertama di Kongres Amerika

0
36
Rashida Tlaib Jadi Wanita Muslim Pertama di Kongres Amerika
Rashida Tlaib Jadi Wanita Muslim Pertama di Kongres Amerika

Indolah.com – Rashida Tlaib Jadi Wanita Muslim Pertama di Kongres Amerika, Lahir dari rahim seorang imigran Palestina, kader Partai Demokrat, Rashida Tlaib, memperoleh satu kursi di Kongres Amerika Serikat sesudah memenangi pemilihan umum sela di Michigan, Selasa (6/11).

CNN memberikan laporan jika Tlaib menang mutlak di pemilu parlemen di distrik 13 Michigan serta langsung dipastikan memperoleh satu kursi di Dewan Perwakilan.

Satu pekan sebelum pemilu, Tlaib sempat berkata pada CBS jika dia siap jadi bagian dari sejarah perubahan di AS, dimana untuk pertama kalinya seorang wanita Muslim dapat masuk Kongres.

“Hal pertama yang saya pikirkan saat orang berkata saya bisa menjadi ‘Muslim pertama’ ialah merayakan momen ini,” tuturnya.

Melanjutkan pengakuannya, Tlaib berkata, “Kita merubah sejarah tepat di waktu kala kita kira itu tidak mungkin terjadi. Apabila kalian yakin, yakinlah akan peluang dari seorang seperti saya.”

Saat berkampanye, Tlaib menggaungkan tiga saran andalannya, yakni perawatan medis buat semua orang, gaji minimal US$15, serta reformasi peraturan imigrasi.

Pemilu sela ini memperoleh sorotan luas sebab dipandang bisa memastikan nasib kebijaksanaan pemerintahan Presiden Donald Trump setelah itu.

Baca Juga : Puluhan Siswa di Kamerun Diculik Kelompok Bersenjata

Dalam pemilu kesempatan ini, partai tempat Trump bernaung, Partai Republik, dibayang-bayangi kekalahan dari Partai Demokrat hingga tidak bisa tempati kursi sebagian besar di parlemen.

Berdasar pada hasil kalkulasi cepat CNN, persaingan perebutan kursi pada Partai Republik serta Partai Demokrat sekarang ini masih tetap begitu ketat.

Bila Demokrat kuasai parlemen, Trump diprediksikan akan susah menjalankan agenda politik serta kebijaksanaannya di sisa waktu jabatannya.

“Pemilu sela ini umumnya membosankan. Akan tetapi, saat ini pemilu ini jadi perihal terpenting,” tutur Trump satu hari mendekati pemilu sela.

(Visited 10 times, 1 visits today)