GP Brazil: Vettel Juara, Bottas Kedua

0
35
GP Brazil: Vettel Juara, Bottas Kedua
GP Brazil: Vettel Juara, Bottas Kedua

Indolah.com – GP Brazil: Vettel Juara, Bottas Kedua. Pembalap Ferrari Sebastian Vettel meraih kemenangan pertamanya sejak Juli di Grand Prix Brasil, di mana Lewis Hamilton berjuang dari belakang untuk finis di urutan keempat.

Vettel menguasai balapan setelah memimpin sejak pole position pria Valtteri Bottas ‘Mercedes di awal.

Hamilton, gelar juara dunia keempatnya yang dimenangkan pada balapan terakhir di Meksiko, memberikan banyak kegembiraan, mengukir lapangan di lap awal saat ia berusaha mengatasi kecelakaan itu di babak kualifikasi yang membuatnya tertinggal di grid.

Dia berada di urutan keenam dalam 20 lap, dan memimpin di lap 30 saat pemimpin Vettel, Bottas, Kimi Raikkonen dari Ferrari dan Max Verstappen Red Bull membuat pit stop mereka.

Vettel melaju dengan kemenangan nyaman yang hanya berfungsi sebagai pengingat akan apa yang mungkin terjadi bagi Jerman dan kampanye juara Ferrari-nya tidak ambruk pada bulan September dan Oktober karena serangkaian kesalahan oleh supir dan tim.

Hamilton bertahan, berlari lebih lama dengan strategi ban terbalik dan menunda pemberhentiannya sampai lap ke-43, kembali ke lintasan di tempat kelima.

Tapi tidak sebelum beberapa meyakinkan menyalip, termasuk lulus cerdas di luar dari Force India Sergio Perez setelah Meksiko telah mencoba untuk membela bagian dalam Turn One.

Hamilton mulai mengejar tempat podium setelah pit stop-nya, memanfaatkan keuntungan dari ban super lembut yang lebih segar dalam tugas keduanya untuk menyerang mobil-mobil di depan yang memulai ban-ban itu namun beralih ke softs di pit stop mereka sebelumnya.

Hamilton berada 8,4 detik di belakang Verstappen saat dia bergabung kembali setelah pit stop-nya di lap 43 dan menangkap petenis Belanda itu pada lap 57.

Mercedes melewati Red Bull ke Turn Four di lap 59 dan mulai mencoba untuk menutup celah lima detik ke Raikkonen dalam 12 putaran tersisa.

Butuh hanya enam lap untuk Hamilton untuk menangkap Finn tapi lock-up ke Turn One dengan empat lap untuk menunda dia dan kemudian Raikkonen menggunakan pengalamannya untuk menahannya dan hanya bertahan di tempat podium terakhir.

“Menyenangkan, rasanya mengingatkan pada hari karting saya – mulai dari belakang,” katanya kepada Sky Sports.

“Saya mengacaukan kemarin dan menempatkan diri pada posisi terburuk, saya cukup cepat untuk memenangkan balapan ini. Bangun pagi ini, tujuan saya adalah menebus diri dan membuat tim bangga.”

Vettel tidak pernah terganggu oleh Bottas, satu-satunya saat tekanan tercipta saat Mercedes menghentikan pembalap Finlandia itu di pangkuan lebih awal dari pada Ferrari yang dilakukan Vettel.

Orang Jerman itu kembali ke lintasan dari pemberhentiannya bersama Bottas tepat di belakangnya, tapi menahannya ke Turn Four dan tidak pernah menoleh ke belakang.

Dia tidak pernah terlalu jauh ke depan, tapi cukup mampu mempertahankan keunggulan dua atau tiga detik yang nyaman selama sebagian besar balapan.

“Awalnya, saya memiliki liburan yang sangat bagus dan kemudian saya memiliki sedikit roda kemudi dan saya pikir saya telah melewatkan kesempatan saya, tapi kemudian dia tampaknya berjuang lebih banyak, jadi saya memiliki kesempatan untuk meremas bagian dalam,” kata Vettel.

“Saya pikir saya sangat mengejutkannya, setelah itu dan safety car itu berada di posisi 68 lap, saya hanya mencoba membangun celah dan mengendalikan balapan.

“Sudah beberapa minggu sulit bagi kami, tapi senang berada di sini.”

(Visited 20 times, 1 visits today)