Sedang Berdiet Garam? Tambahkan Lemon dan Rempah Agar Makanan Lezat

0
350

Jakarta – Garam merupakan bumbu yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Garam juga biasa digunakan dalam semua jenis olahan makanan kaleng dan beku. Bagaimana jika konsumsi garam harus dibatasi.
Konsumsi sodium dibatasi sampai kurang dari 2.300 mg per hari. Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, stroke, dan tekanan darah tinggi. Jika Anda sedang mengurangi konsumsi garam, beberapa bahan makanan serta rempah ini disarankan oleh Health Me Up (17/02/2014) sebagai pengganti untuk memperlezat masakan.

1. Jus lemon atau cuka – Jus lemon dan cuka memiliki rasa yang berbeda dan kuat. Karenanya dapat menggantikan rasa dari garam. Kedua bahan ini juga dapat digunakan sebagai bumbu seperti saus, salad dressing, bumbu-bumbu, dan sayuran setelah memasak. Sebelum membeli cuka sebaiknya perhatikan dulu kadar sodium pada labelnya.

2. Minyak zaitun – Minyak zaitun tidak hanya dapat menambahkan aroma pada masakan akan tetapi ini merupakan minyak yang sehat. Gunakan minyak zaitun untuk memasak daging, sayuran ataupun untuk salad dressing.

3. Lada hitam – Lada putih dan lada hitam juga merupakan salah satu bumbu populer yang biasa digunakan dalam setiap masakan setelah garam. Jika ingin mencoba mengurangi garam, tambahkan lada hitam untuk menguatkan rasa masakan. Selain itu lada hitam juga dapat digunakan untuk menghangatkan badan.

4. Gunakan herba – Beberapa herba seperti kemangi, oreganothyme, dan daun salam dapat memberikan rasa yang segar dan khas untuk beberapa macam bahan makanan seperti sayuran dan juga daging. Beberapa herba ini dapat menghasilkan rasa gurih aroma yang sedap.

5. Bawang merah dan bawang putih – Menggunakan bawang merah dan bawang putih bersama-sama dapat menambahkan rasa makanan ketika berdiet rendah sodium. Tambahkan pada hidangan sayuran, daging dan juga salad. Untuk memperkuat aroma, tumis bawang putih ataupun goreng bawang merah agar lebih terasa gurih.

(Visited 48 times, 1 visits today)