Sekilas Mengenai Perbatasan Dua Korea

0
263

32131adas

Indolah.com РSEOUL, Perbatasan Korea Selatan (Koresel) dan Korea Utara (Korut) atau yang lebih dikenal dengan sebutan The Demilitarized Zone (DMZ) memiliki cerita tersendiri. Wilayah ini merupakan salah satu kawasan paling ketat sedunia.

Seperti dilansir Historia, Selasa (16/6/2015), DMZ merupakan perbatasan yang meliputi garis 38 derajat lintang utara dan memiliki panjang 240 kilometer. Wilayah ini sesuai dengan kesepakatan gencatan senjata dalam Perang Korea 1953.

Pusat DMZ ini berada di desa Panmunjom, wilayah ini dijaga oleh ribuan tentara dari kedua Korea dan tensi ketegangan di wilayah tersebut selalu tinggi.

Wilayah Panmunjom sendiri pernah dijadikan tempat perundingan gencatan senjata oleh Korut dan Korsel pada 1953. Kini di Panmunjom ada rumah berwarna biru yang menjadi gencatan senjata dua Korea.

Sangat sulit bagi warga sipil untuk mendekat ke DMZ, hal ini dikarenakan ketatnya penjagaan di sana. Selain itu, diduga Pemerintah Korut telah meletakan ranjau darat di sepanjang DMZ.

Baca juga: Petani Tua Gunakan Pedang Kuno Peninggalan Dinasti Qing Sebagai Pisau Dapur

Garis perbatasan DMZ sering dilalui oleh warga Korut yang mencoba melarikan diri ke Korsel, Pemerintah Korut pun telah mengambil sikap tegas atas hal ini. Korut akan menghukum warganya yang coba kabur ke Korsel dengan cara memasukan mereka ke kamp kerja paksa.

 

(Visited 136 times, 1 visits today)