Seluk-Beluk Biaya Produksi Apple Watch

0
1284

Apple iWatch

Indolah.com – Jam tangan pintar Apple Watch dijual dengan harga paling murah sebesar US$ 349 untuk model Sport ukuran 38 mm. Tahukah Anda berapa harga ongkos produksi produk jenis ini? Ternyata, hanya 24 persen dari harga jual retailnya atau US$ 83,7.

Data ini didapatkan setelah perusahaan penyedia informasi dan analisis IHS membedah perangkat Watch pekan lalu.

Menurut IHS, Watch Sport merupakan produk dengan ongkos produksi paling murah dibandingkan produk Apple lain yang pernah dibedah oleh IHS.

“Ini telah menjadi ciri khas Apple untuk meluncurkan produk generasi pertama dengan harga retail lebih tinggi dibandingkan biaya peranti kerasnya,” ujar Kevin Keller, analis senior di IHS.

Komponen peranti keras paling mahal pada Watch Sport terletak pada bagian layar sentuh seluas 1,34 inci dari LG yang harganya US$ 20,50. Gelang pengikat dan prosesor merupakan bagian termahal kedua dan ketiga.

Sementara itu, komponen termurahnya adalah baterai 3,8 volt dengan biaya kurang dari US$ 1. Ongkos manufaktur merupakan biaya terendah kedua di angka US$ 2,50

Namun perlu dicatat, analisa harga komponen dan ongkos produksi Watch ini “tidak termasuk biaya yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan, pemasaran, logistik, hak kekayaan intelektual, dan modal lain.

Apple tentu mengeluarkan banyak investasi di awal untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam hal peranti keras dan peranti lunak, serta untuk mematenkan temuan tersebut.

Watch generasi pertama telah dikirimkan kepada konsumen pada 24 April lalu di sembilan negara terpilih. CEO Apple Tim Cook mengatakan Watch merupakan produk paling personal yang pernah mereka buat dan sejauh ini respons pasar, menurutnya, sangat positif.

Cook menargetkan Watch bisa dijual di negara lain pada bukan Juni 2015 setelah pasokan mereka mulai bisa mengimbangi permintaan pasar.

(Visited 637 times, 1 visits today)