Share Yuks, Yel-Yel Dari Pasukan Tentara Indonesia Yang Keren Dan Jarang Kita Dengar

0
5587
Yel-Yel Dari Pasukan Tentara Indonesia
Yel-Yel Dari Pasukan Tentara Indonesia

Indolah.com – Yel-Yel Dari Pasukan Tentara Indonesia, Setiap pasukan pasti mempunyai yel-yel tersendiri yang membuat semangat para anggotanya. Tapi, meskipun beda-beda, semuanya memiliki inti yang sama.

Sama-sama mengajarkan semangat dan bangga akan korps masing-masing. Kopassus pun demikian. Pasukan ini punya yel-yel pendobrak semangat dan cinta akan kesatuan terhadap Republik Indonesia. Tapi, tak hanya itu sih, beberapa penggalan liriknya juga mengandung sindiran lucu.

Tanpa banyak basa-basi lagi, neh mimin kasih Yel-Yel Dari Pasukan Tentara Indonesia Yang Keren Dan Jarang Kita Dengar :

Yel-Yel Dari Pasukan Khusus Angkatan Udara “Kopaskhas”  ( Baret Jingga )

Yel-Yel Dari Pasukan Tentara Indonesia
Pasukan Khusus Angkatan Udara “Kopaskhas” ( Baret Jingga )

Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau, Paskhas atau sebutan lainnya Baret Jingga), merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat.  Setiap prajurit Paskhas diharuskan minimal memiliki kualifikasi para-komando (Parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

Tugas dan tanggung jawab Korpaskhas sama dengan pasukan tempur lainnya yaitu sebagai satuan tempur negara, yang membedakan yaitu dari semua fungsi paskhas sebagai pasukan pemukul NKRI yang siap diterjunkan disegala medan baik hutan, kota, rawa, sungai, laut untuk menumpas semua musuh yang melawan NKRI.

Pasukan Angkatan Udara Baret Jingga (Kopaskhas) ini mempunyai Yel-yel yang agak terdengar lucu, namun sangat membakar semangat dari para anggotanya. “burung bangau paruhnya gagak mencari makan di pinggir kali, para Komando kulitnya hitam kalau tersenyum manis sekali…” dengan gaya para tentara yang tegas, lagu ini terlihat unik dan bikin gelak tawa.

Yel-Yel Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat “Kopassus” ( Baret Merah )

komando-pasukan-khusus-kopassus
Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Tugas Kopasus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

Tapi, disamping gahar dan menakutkanya anggota KOPASSUS ini, lagu Yel-yel Kopassus mengambil tembang jawa yang berjudul “Tul Jaenak” hanya saja liriknya diubah makin powerfull dan bikin semangat. Bagi Kopassus yel-yel ini berarti sangat besar. Lagu ini ibaratnya seperti pengiring saat mereka akan melakukan apa pun, entah apel, istirahat dan sebagainya.

Yel – Yel Pasukan Satuan Garuda Angkatan Udara “KONGA”

satuan-garuda

Sejarah :
Ketika Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Mesir segera mengadakan sidang menteri luar negeri negara-negara Liga Arab. Pada 18 November 1946, mereka menetapkan resolusi tentang pengakuan kemerdekaan RI sebagai negara merdeka dan berdaulat penuh. Pengakuan tersebut adalah suatu pengakuan de jure menurut hukum internasional.

Untuk menyampaikan pengakuan ini Sekretaris Jenderal Liga Arab ketika itu, Abdurrahman Azzam Pasya, mengutus Konsul Jenderal Mesir di India, Mohammad Abdul Mun’im, untuk pergi ke Indonesia. Setelah melalui perjalanan panjang dan penuh dengan rintangan terutama dari pihak Belanda maka akhirnya ia sampai ke Ibu Kota RI waktu itu yaitu Yogyakarta, dan diterima secara kenegaraan oleh Presiden Soekarno dan Bung Hatta pada 15 Maret 1947. Ini pengakuan pertama atas kemerdekaan RI oleh negara asing.

Meskipun terinspirasi lagu India, tapi ketika yang nyanyi adalah para Satgas Garuda, jatuhnya malah bikin semangat. Liriknya juga oke banget tuh, misalnya “Walau beda suku dan agama, mari kita jalin persatuan, demi perdamaian dunia, itulah prajurit Garuda.” Secara tidak langsung lagu ini juga mengingatkan akan misi mereka untuk memelihara perdamaian dunia.

Yel – Yel Pasukan Khusus Angkatan Laut Marinir ( Baret Ungu )

Pasukan Khusus Angkatan Laut Marinir ( Baret Ungu )

Korps Marinir TNI Angkatan Laut atau (Kormar) adalah salah satu komando utama (Kotama) TNI Angkatan Laut. Dalam struktur organisasi TNI AL, Korps Marinir adalah sebuah Komando Utama sejajar dengan Kotama lain seperti (Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, Kobangdikal, Seskoal dan AAL). Kormar memiliki slogan “Jalesu Bhumyamca Jayamahe” yang artinya “Di Laut dan Darat Kita Jaya”.

 

(Visited 8,729 times, 2 visits today)