Spanyol Bukan Hanya Tiki-Taka

0
676

Madrid – Kesuksesan timnas Spanyol dalam merajai sepakbola beberapa tahun terakhir tak lepas dari gaya sepakbola bernama tiki-taka. Tapi La Furia Roja tak semata-mata terpaku pada satu gaya idemi meraih kemenangan.
Sejak 2008, Spanyol mengumpulkan tiga titel mayor yakni dua Piala Eropa dan satu Piala Dunia. Selain karena diperkuat pemain-pemain top, Spanyol juga punya gaya bermain umpan pendek kaki ke kaki dan penguasaan bola tinggi bernama tiki-taka.

Tak jarang Spanyol juga mendapat kritik terkait gaya bermain mereka yang dinilai membosankan dan hanya fokus pada ball possesion. Di Piala Dunia 2010 lalu mereka sempat dicemooh penonton ketika main di fase gugur, dengan hanya mencetak satu gol per laga hingga menjadi juara.
Vicente del Bosque selaku pelatih ‘Tim Matador’ tentu jadi sosok yang bertanggung jawab di balik permainan tim. Del Bosque dianggap terlalu ‘Barca-Sentris’ dengan gaya mainnya mengingat banyaknya pemain Catalan di tim.

Tapi Del Bosque menyanggah anggapan itu dan menilai bahwa timnya bisa memainkan gaya sepakbola yang lain sesuai dengan lawan yang dihadapi.
“Final pass itu penting. Sepakbola tak hanya soal umpan-umpan pendek. Bola-bola panjang juga penting. Dan juga kedalaman skuat,” ujar Del Bosque di Soccernet.


(Visited 59 times, 1 visits today)