Sultan Pahang Resmi Dilantik Menjadi Raja Baru Malaysia

0
41
Sultan Pahang Resmi Dilantik Menjadi Raja Baru Malaysia
Sultan Pahang Resmi Dilantik Menjadi Raja Baru Malaysia

Indolah.com – Sultan Pahang Resmi Dilantik Menjadi Raja Baru Malaysia, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari negara bagian Pahang dilantik jadi raja baru Malaysia untuk setidaknya 5 tahun ke depan, Kamis (31/1).

Channel NewsAsia melaporkan Sultan Abdullah terlihat datang di lapangan gedung parlemen Malaysia pada Kamis (31/1) pagi untuk memberi pidato pelantikannya serta berjumpa dengan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail.

Serangkaian pelantikan Sultan Abdullah pun disemarakkan dengan tampilan marching band kerajaan Melayu serta upacara angkat senjata dari pasukan keamanan kerajaan.

Sesudah memberikan hormat dan pidato, Sultan Abdullah tampak menginspeksi beberapa pasukan keamanan kerajaan penting dari Batalion I Resimen Kerajaan Melayu.

Sultan berumur 59 tahun itu langsung bertolak ke Istana Negara untuk ambil sumpah. Pada saat yang sama, Sultan Nazrin Shah dari Perak pun dilantik menjadi wakil Sultan Abdullah.

Sultan Abdullah diambil menjadi Raja Malaysia oleh anggota kerajaan untuk menukar Sultan Muhammad V dari Kelantan yang memutuskan turun takhta pada 6 Januari kemarin.

Malaysia adalah negara monarki konstitusional yang mempunyai peraturan unik, dimana jabatan raja akan berganti tiap-tiap lima tahun dengan bergiliran sesuai dengan urutan negara bagian.

Berdasar pada skema perputaran, sultan Pahang adalah penerus takhta kerajaan sesudah sultan Kelantan.

Tidak seperti beberapa pendahulunya, Sultan Abdullah, yang diketahui ramah serta rendah hati, dipandang mempunyai pengalaman yang cukuplah luas dalam soal kenegaraan.

Baca Juga : Hari Ini Ratna Sarumpaet Diserahkan ke Kejaksaan Tinggi

Ia naik takhta jadi putra mahkota pada Juli 1976 saat masih tetap berumur 16 tahun. Ia pertama-tama menggantikan tugas sang ayah, Sultan Ahmad Shah, saat berumur 20 tahun.

Waktu itu Sultan Ahmad Shah diangkat jadi Raja Malaysia periode 1979-1984.

Sultan Abdullah adalah seorang atlet yang memegang jabatan di sejumlah badan olahraga, termasuk juga sebuah dewan dibawah organisasi sepakbola dunia FIFA.

Tidak hanya aktif di FIFA, Sultan Abdullah pun adalah presiden Asosiasi Olahraga Hoki Asia serta bekas Kepala Asosiasi Sepak Bola Malaysia.

Sesudah lulus sekolah menengah atas di Malaysia, Sultan Abdullah meneruskan studinya di akademi militer Sandhurst, Inggris.

Ia sempat juga mengemban pendidikan Politik Internasional serta Diplomasi di Queen Elizabeth College serta Oxford University.

(Visited 13 times, 1 visits today)