Tingkatkan Mutu ISL, PT LI Jalin Kerjasama dengan J-League

0
944

Surabaya – Untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas Indonesia Super League (ISL), PT Liga Indonesia (LI) menjalin kerjasama dengan J-League. Kerjasama itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU).

MoU tersebut ditandatangani oleh Joko Driyono dari PT LI dan Daisuke Nakanishi dari J-League Director of Competitions and Sales Management di di Hotel Shangri-La, Minggu (26/1/2014).

“Karena J-League adalah liga terbaik di Asia,” kata Joko saat ditanya alasannya bekerjasama dengan kompetisi liga di Jepang itu.

Sekjen PSSI itu mengatakan, Pada Maret-Juli nanti akan dikirim 22 orang perwakilan klub untuk belajar tentang sepakbola ke Jepang, Spanyol, dan Eropa. Di sana, kata Joko, mereka akan belajar mengenai marketing, infrastruktur, manajemen liga, klub, pelatih, wasit dan lain sebagainya.

“Kami ingin agar ISL ini tidak hanya menjadi sekedar tontonan bola, tetapi juga industri. Semoga kerjasama ini akan mempercepat kemajuan sepakbola Indonesia,” tandas Joko.

Sementara itu, Daisuke mengatakan jika tahun ini J-League sudah memasuki tahun ke 22 sejak didirikan pada 1963. Selama kurun waktu itu, Jepang telah 5 kali berlaga di piala dunia.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap Jepang dan Indonesia bisa masuk piala dunia bersama-sama,” ujar Daisuke.

(Visited 56 times, 1 visits today)